Ilustrasi Public Speaking

Mayoritas orang kerap kali mengalami kecemasan hingga kegugupan ketika dimandatkan untuk melakukan public speaking yang menurut Zainal (2022), Public Speaking merupakan sebuah proses berbicara di depan umum atau khalayak untuk menyampaikan informasi, menghibur dan mempengaruhi audiens. Proses berbicara di depan umum ini juga merupakan suatu keterampilan yang terlihat mudah, namun ternyata pelaksanaannya sulit.

Berbicara di depan umum memanglah bukan suatu hal yang setiap orang terbiasa dan terampil untuk melakukannya, sehingga tanpa kiat khusus yang dimiliki, seseorang yang belum terbiasa kemungkinan dapat mengalami kegugupan atau kendala dalam memaparkan materi yang ingin disampaikannya. Namun, kegugupan tersebut bukanlah suatu hal yang dapat menghentikan seseorang untuk belajar serta melatih kemampuan untuk berbicara di depan publik.

Kegugupan tersebut dapat diatasi dengan beberapa cara yang dianggap mampu untuk meminimalisir perasaan gugup tersebut, di antaranya adalah persiapan yang matang, penguasaan materi, melakukan latihan berulang dalam berbagai aspek yang diperlukan, dan praktek atau lamanya jam terbang.

Untuk lebih merinci, persiapan yang dibutuhkan untuk melakukan public speaking meliputi riset mengenai topik dan tema yang akan dibawakan serta pengenalan target audiens agar dapat menyesuaikan gaya bahasa maupun cara pembawaan dalam berdiskusi. Lalu, diharuskan juga untuk menguasai materi yang akan dibawakan agar dapat berbicara dengan pemaparan yang lancar tanpa terpacu dengan bantuan teks.

Selain itu, latihan yang berulang juga akan membantu melancarkan artikulasi atau pelafalan. Kemampuan untuk berbicara di depan umum juga akan terasah seiring waktu sesuai dengan praktek atau jam terbang yang kerap dilakukan. Dalam setiap prosesnya, dapat dilakukan evaluasi mengenai keseluruhan kegiatan public speaking yang telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan di kesempatan lain.

Nah! Untuk dapat menguasai kemampuan berbicara di muka umum tersebut, dalam Program Creative Communication di BINUS University @Bekasi, mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah terkait, yaitu Public Speaking! Di mata kuliah ini, mahasiswa akan diberi pemaparan mengenai public speaking secara teori maupun praktek, sehingga mahasiswa akan mendapatkan bekal materi untuk berbicara di muka umum serta dapat mengasah kemampuannya melalui praktek yang dilakukan dengan dampingan pengajar dari program Creative Communication BINUS University @Bekasi tersebut.

Jadi, untuk yang ingin menguasai kemampuan public speaking, tunggu apa lagi? Ayo gabung bersama Creative Communication di BINUS University @Bekasi!