BINUS University @Bekasi mengadakan kunjungan industri ke PT Kayaba Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Cikarang Barat pada hari Rabu, 4 Oktober 2023. PT Kayaba Indonesia sendiri merupakan anak perusahaan Astra Otoparts Groups yang bergerak di bidang manufaktur yang memproduksi komponen kendaraan berupa Shock Absorber untuk kendaraan bermotor roda dua dan roda empat. Kunjungan industri BINUS University @Bekasi ke PT Kayaba Indonesia bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan baru mengenai teknologi, metode, dan inovasi terbaru yang digunakan dalam bidang industri. Walaupun kuota peserta terbatas, kegiatan ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa BINUS University @Bekasi tanpa dikhususkan untuk jurusan tertentu. Hal tersebut bertujuan agar seluruh mahasiswa yang tertarik akan bidang ini mendapatkan kesempatan untuk mengamati secara langsung terkait proses kerja serta kegiatan operasional yang dilakukan di perusahaan otomotif. Selain itu, tujuan dari kegiatan kunjungan industri ini juga untuk memberikan sudut pandang yang baru serta inspirasi atau ide inovatif bagi mahasiswa.

Selama kunjungan industri berlangsung, mahasiswa mendapatkan pemaparan materi secara singkat perihal perusahaan atau company profile dari Manager HRD perihal kemampuan softskills yang dibutuhkan untuk dapat bergabung di perusahaan Astra. Selain itu, peserta juga melakukan Plant Tour yang berisi dengan pengamatan proses produksi spare part otomotif mulai dari proses pembuatan sampai perakitan alat serta QC atau Quality Control sebelum dijual ke pasaran. Hal tersebut bertujuan supaya dapat membuka perspektif serta pandangan peserta atau mahasiswa terhadap dunia pekerjaan, khususnya di bidang industri otomotif, sehingga banyak wawasan yang didapatkan dan dipelajari untuk mempersiapkan jenjang karir selama aktif menempuh pendidikan.

Harapan dari diadakannya kegiatan kunjungan industri oleh BINUS University @Bekasi ini adalah agar mahasiswa dapat semakin sadar, terbuka pengetahuannya, dan semakin luas wawasannya terhadap dunia persaingan di bidang pekerjaan setelah mahasiswa selesai menyelesaikan studi. Setelah diadakannya kegiatan kunjungan industri ini juga diharapkan mahasiswa dapat lebih menggali potensi yang dimiliki, menguasai lebih dalam perihal softskills yang tentunya akan sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan, dan mahasiswa dapat terus belajar untuk berinovasi dan berkembang jika memiliki keinginan untuk memimpin suatu industri atau perusahaan di bidang tertentu. Terakhir, dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat termotivasi untuk melakukan terobosan dan perubahan akan suatu hal dan karir.