Lima Aturan Keuangan - 1

Sumber: LiteFinance

Tentu tidak ada cara cepat untuk kaya raya, hidup bahagia dan mati masuk surga. Tapi paling tidak ada aturan keuangan (financial rules) yang bisa kalian pelajari. Di Binus University @Bekasi, pelajaran ini bisa kalian dapatkan ketika kalian kuliah di Program Akuntansi. Biasanya ini diajarkan di mata kuliah Manajemen Keuangan dan Akuntansi Keuangan. Yuk Simak Lima Aturan Keuangannya berikut ini.

  1. Aturan 72

Pernah bertanya-tanya saat kalian menabung atau berinvestasi, “Kapan uang saya akan berlipat dua?”. Nah aturan ini bisa membantu kalian. Gampang saja caranya. Cukup bagi 72 dengan tingkat kembalian yang diharapkan. Misal. Kalian membeli Obligasi Ritel Indonesia (ORI) seharga 10 juta dengan tingkat bunga kupon 10% per tahun. Nah, silahkan bagi 72 dengan 10, hasilnya 7,2 tahun. Artinya, dalam 7,2 tahun uang kalian akan menjadi 20 juta rupiah.

  1. Aturan 100 dikurangi Usia

Bingung terkait alokasi investasi aset kamu? Berapa besar kamu sebaiknya investasi di saham? Berapa besar di obligasi dan pasar uang? Aturan ini bisa membantu kamu. Cukup kurangi angka 100 dengan usia kamu, maka itu adalah alokasi besaran investasi kamu di saham. Misal, usia kamu 40 tahun, maka artinya, kamu bisa investasi 60 persen aset kamu di saham. Kurang lebihnya begitu.

  1. Aturan 50/30/20

Susah mengatur keuangan? Anda bisa terapkan aturan ini. Alokasikan penghasilan kamu menjadi: 50% untuk kebutuhan (tagihan rumah tangga, pendidikan, transportasi dan makan/minum), 30% untuk keperluan (liburan, jalan-jalan, resto), 20%-nya untuk tabungan dan investasi.

  1. Aturan Minggu Pertama

Menyambung poin 3 di atas, proporsi 20% dari penghasilan Anda idealnya ditabung atau diinvestasikan. Nah, hal tersebut idealnya dilakukan di minggu pertama setiap bulannya, setelah anda menerima gaji. Kenapa hal ini perlu dilakukan pertama kali? Pertama, agar Anda merasa mendapatkan self-reward dan kedua, agar dana tersebut tidak terpakai untuk kebutuhan lainnya.

Remember you had to save and invest 20% of your income? Do it in the first week of the month, i.e. as soon as you receive your payout. Don’t wait for all expenses to be over. This brings discipline in investing.

  1. 6x Emergency Fund

Sebelum berinvestasi dalam instrumen mewah, pastikan Anda telah memarkir cukup uang di rekening tabungan Anda untuk memenuhi pengeluaran bulanan Anda selama 6 bulan. Pengeluaran bulanan selama 6 bulan tersebut tujuannya sebagai dana darurat yang akan digunakan jika sesuatu yang tidak terduga terjadi pada Anda. Seperti misalnya, kecelakaan, di PHK dari kerja atau ada kebutuhan mendadak dari keluarga. Jadi jika pengeluaran bulanan anda sebanyak 2,5 juta per bulan, maka paling tidak anda memiliki 15 juta (2,5 juta x 6) sebagai dana darurat Anda.

 Semoga aturan-aturan keuangan di atas bermanfaat bagi Anda ya.

Lima Aturan Keuangan -2

 

Penulis: Gatot Soepriyanto Ph.D., CA., CPA (Aust.), CFE

(gsoepriyanto@binus.edu)