self-awareness

Mahasiswa di rentang usia muda atau remaja sering kali mengalami kendala dalam menghadapi suatu permasalahan. Tidak menutup kemungkinan kesulitan tersebut dikarenakan oleh kurangnya mengenali diri sendiri, misalnya, kurang memahami apa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh pribadi mereka sendiri. Dalam ilmu psikologi, hal ini juga disebut dengan istilah self-awareness. Self-awareness sendiri merupakan sebuah kemampuan seseorang untuk memahami, mengerti, dan menerima perasaan serta kemampuan dalam menilai diri sendiri. Kurangnya mengenali diri dapat menyebabkan rendahnya antisipasi dalam mencegah permasalahan yang akan datang, termasuk pada hal yang berkaitan dengan pendidikan. Kurangnya memahami bakat serta kemampuan diri sendiri dapat menyebabkan diri lebih sulit untuk menerima atau mencerna materi yang dijelaskan.

Seperti yang telah disampaikan dalam kegiatan Parents Day di BINUS University @Bekasi pada tanggal 2 September 2023 lalu oleh Febiola Stefanus, selaku narasumber dari rangkaian talkshow yang diadakan, bahwa mengenal diri lebih dekat merupakan salah satu solusi yang dapat memecah kebuntuan dalam proses belajar, contohnya, ketika diri merasa sulit menerima pelajaran yang disampaikan melalui buku, seseorang dapat mencoba media pembelajaran lain, seperti video belajar, berdiskusi dengan teman, podcast, atau media lainnya. Selain itu, untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan, Febiola Stefanus mengungkapkan bahwa pemasangan target belajar dapat membantu diri untuk lebih bersemangat serta terpacu untuk mencapai target tersebut. Namun, setiap personal memiliki cara atau metode yang berbeda untuk dapat mencapai sebuah target tertentu.

Parents Day di BINUS University

Dampak positif lain dari self-awareness yaitu mempermudah seseorang dalam menentukan sebuah keputusan, meningkatkan rasa percaya diri, mempermudah dalam hal komunikasi, membantu seseorang lebih terfokus dalam mencapai tujuannya serta membantu seseorang untuk dapat mengetahui batasan atau limit dari diri sendiri sehingga tidak menyebabkan stres ketika tidak mampu mencapai target yang sudah ditentukan. Ada pula cara untuk menerapkan self-awareness, yaitu bangun rasa ingin tahu terhadap diri sendiri, bertanya perihal pandangan orang lain terhadap diri sendiri, melakukan evaluasi diri dalam sebuah pencapaian atau kegiatan, memperhatikan sekitar untuk mendapatkan sudut pandang yang baru, dan berpikiran terbuka atas semua masukan yang diterima dari orang lain.

 

limit dari diri sendiri