Yuk, Kenalan dengan Tim Cipher BINUS yang Menangkan Kompetisi Gemastik Belmawa

Pemerintah secara aktif terus memberikan dukungan terbaik pada dunia pendidikan di tanah air, mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Salah satu cara yang dilakukan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi adalah dengan mengadakan Gemastik atau Pagelaran Mahasiswa di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pada tahun 2022, Gemastik kembali diadakan untuk ke-15 kalinya. Mengusung tema “TIK untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”, helatan ini dilaksanakan di Malang tanggal 22-25 November dengan Universitas Brawijaya sebagai tuan rumahnya.

BINUS UNIVERSITY sebagai kampus yang memiliki IT sebagai DNA-nya tentu juga tak ingin ketinggalan momen tersebut. Seperti apa keseruan Gemastik dan bagaimana pengalaman para BINUSIAN yang berhasil menang dalam kompetisi ini?

Apa Itu Gemastik?

Gemastik merupakan kompetisi rutin yang dilakukan oleh pemerintah untuk memacu semangat mahasiswa di tanah air pada era digital ini. Revolusi industri 4.0 menciptakan ruang yang luas untuk inovasi sekaligus tantangan untuk memecahkan masalah yang ada.

Untuk mengikuti lomba ini, mahasiswa dituntut memiliki pengalaman dan pengetahuan yang mumpuni dalam bidang ilmu digitalisasi serta teknologi informasi. Gemastik membuka perlombaan untuk 11 divisi dengan goal yang berbeda-beda.

Tim Cipher BINUS, Juara Satu UX Competition

Kemenangan berhasil dibawa pulang oleh BINUSIAN lewat Tim Cipher yang berhasil meraih juara pertama dalam divisi IV, yakni Desain Pengalaman Pengguna atau UX Competition.

Dalam UX Competition masing-masing peserta diminta membuat desain interaksi produk yang memiliki orientasi kemudahan dan kenyamanan pengguna. Fokus utamanya adalah pengalaman yang dirasakan oleh user saat menggunakan aplikasi yang dirancang tersebut secara menyeluruh.

Menciptakan interface yang baik dengan metode terkait, Tim Cipher dari BINUS @Bekasi berhasil memukau juri. Ini sekaligus membawa mereka sebagai pemenang dalam divisi ini.

Siapa Saja Tim Cipher BINUS @Bekasi Ini?

Tim Cipher BINUS pada perhelatan yang ke-15 terdiri dari 3 BINUSIAN yang berasal dari jurusan yang berbeda-beda. Mereka adalah Lisa Mega Tanto Kusumo (Information System – Master Track), Edward Hartanto Enrico Abadi (Business Information Technology) dan Candraswari Jauhar Malika (Information System). Mereka bertiga telah memberikan ide terbaik dengan melewati 2 tahapan yakni:

  • Tahap penyisihan daring dengan melakukan pengunggahan proposal
  • Babak final.

Tidak seperti lomba lainnya, dalam Gemastik, peserta yang ingin ikut serta harus melakukan pendaftaran ke pihak yang dapat memfasilitasi lomba, salah satunya adalah Tim TNC (Training and Competition). Selanjutnya, tim peserta mendaftar ke universitas dan menyatakan kesiapannya mengikuti lomba.

Lewat proses brainstorming bersama-sama, ketiga anggota Tim Cipher berhasil menciptakan inovasi dengan interface yang mudah digunakan. Ide yang dirancang sempat mengalami perubahan atas masukan dari para mentor, dosen dan pembimbing. Dilakukan beberapa riset tambahan agar karya yang dihasilkan oleh Tim Cipher bisa menjadi karya yang out-of-the-box.

Setelah melalui tahap seleksi, pada tanggal 13 November, Tim Cipher menerima pengumuman dalam bentuk surat yang menyatakan bahwa mereka lolos ke tahap final bersama dengan 20 tim lain. Tapi sebelum final, semua finalis diminta untuk menyerahkan output berupa prototipe, file presentasi, laporan akhir dan video clip. Semua output ini dicek dan didaftarkan ke HKI (Hak Kekayaan Intelektual) untuk menghindari penyalahgunaan oleh pihak yang tidak seharusnya.

Kemenangan Tim Cipher dalam kompetisi bergengsi ini tentu menjadi kebanggan tersendiri bagi BINUS UNIVERSITY. Ini sekaligus menunjukkan bahwa BINUS adalah kampus yang selalu siap menciptakan generasi penerus yang bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

Untuk kamu yang ingin mengikuti jejak Tim Cipher, kamu bisa memulainya dengan bergabung bersama BINUS UNIVERSITY. Tentukan jurusan pilihanmu sekarang juga!