Mengomunikasikan Ide dan Pikiran Lewat Komunikasi Kreatif

Kreativitas merupakan kemampuan untuk berpikir out-of-the-box dan menemukan cara-cara baru untuk menyelesaikan suatu masalah. Kreativitas punya banyak bentuk dan bisa diaplikasikan di banyak hal termasuk dalam komunikasi. Komunikasi kreatif sendiri bisa diartikan sebagai kemampuan untuk mengomunikasikan ide-ide dan buah pikiran tersebut dengan cara paling efektif. Kreativitas dalam berkomunikasi akan membuat kamu berkomunikasi dengan lebih baik dan efektif. 

Nah, mungkin kamu jadi bertanya-tanya, bagaimana caranya mengembangkan kreativitas tersebut supaya komunikasi menjadi lebih baik? Yuk, kita bahas satu per satu.

Memahami Target Penerima Pesan

Proses komunikasi terjadi ketika kita memiliki target sebagai penerima pesan yang akan kita sampaikan. Untuk dapat melakukan proses komunikasi ini dengan baik, kita perlu memahami bagaimana kerangka berpikir si penerima pesan, apa yang penting baginya, dan apa tujuannya.

Setelah memahami karakteristik penerima pesan, kamu dapat memulai mengumpulkan ide-ide yang nantinya bisa digunakan untuk merekonstruksi pesan yang akan kamu sampaikan. 

Mengeksplorasi Imaji Sensoris

Imaji sensoris merupakan cara komunikator (pengirim pesan) untuk membangun keterikatan dengan penerima pesan. Caranya, menstimulasi semua panca indra (taktil, pengecapan, olfaktori, visual, dan auditori).

Menggunakan imaji sensoris saat mengemas pesan yang dikirimkan akan menstimulasi otak dan meninggalkan kesan yang lebih kuat. Meskipun kamu merasa dirimu bukan orang yang kreatif, mengeksplorasi imaji-imaji sensoris bisa jadi titik awal untuk mulai mengembangkan kreativitasmu.

Berkolaborasi

Ada peribahasa yang berbunyi, “Dua kepala lebih baik daripada satu kepala”. Berkolaborasi dengan orang lain dapat memantik ide-ide kreatif yang mungkin tidak akan keluar jika kamu hanya memikirkannya sendiri.

Proses bertukar pikiran dengan orang lain akan membantu kamu mendapatkan perspektif berbeda yang akan membantu mengasah kreativitasmu. Kamu juga bisa mendapatkan umpan balik tentang cara berkomunikasi yang kamu gunakan.

Menggabungkan Ide Lama dengan Baru

Dalam berkomunikasi, kita pasti punya pengalaman di masa lampau dengan menggunakan cara-cara lama. Ide-ide lama ini bukan berarti tidak bisa lagi diaplikasikan lagi, tetapi kamu bisa padukan dengan ide-ide baru. Ide-ide baru ini bisa menjadi penambal kekurangan yang dimiliki ide-ide lama dan menjadikannya sesuatu yang benar-benar berbeda.

Trial & Error

Saat mencoba berbagai ide komunikasi, bahkan orang yang paling kreatif sekalipun membuat kesalahan. Jadi, jika kamu pun membuat kesalahan ketika mencoba komunikasi kreatif, jangan sampai berkecil hati.

Mengembangkan kreativitas memang membutuhkan trial and error. Jadi, alih-alih fokus pada error yang kamu lakukan, apresiasi dirimu yang telah melakukan trial. Dengan begitu, kamu bisa memberikan ruang untuk mencari tahu apa yang membuat percobaan yang kamu lakukan menghasilkan kesalahan yang tidak diinginkan.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan kreativitas dalam berkomunikasi. Pembahasan mengenai komunikasi kreatif sendiri telah menjadi sesuatu yang memang makin banyak diperbincangkan, apalagi di era industri 4.0. Cara-cara komunikasi lama tidak lagi cukup untuk mencapai target penerima pesan di era yang penuh informasi dan teknologi digital ini.

Tidak heran, banyak permintaan terhadap program studi yang membahas tentang creative communication untuk berbagai sektor industri. Walau begitu, tidak semua universitas ternama memiliki jurusan ini, loh. Jika kamu tertarik mempelajari salah satu bentuk ilmu komunikasi ini, kamu bisa mencoba ke BINUS @Bekasi 

BINUS @Bekasi telah membuka program studi baru bernama program Creative Communication. Tak hanya belajar teori, kamu juga berkesempatan untuk melihat sekaligus mencoba mempraktikkan semua ilmu. Ilmu ini akan kamu dapat melalui program magang, baik di berbagai perusahaan, hingga instansi pemerintah.

Yuk, segera daftarkan diri kamu di Jurusan Creative Communication BINUS @Bekasi!