Program Accounting Technology di Binus University

Dalam era globalisasi dan persaingan bisnis yang semakin ketat, akuntansi menjadi salah satu bidang yang sangat penting dalam mengelola dan menyajikan informasi keuangan suatu entitas. Profesi Akuntan harus semakin melek teknologi dengan semakin lekatnya Business Process dengan menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP) System. Integrasi Information Technology dan Akuntansi semakin tak dapat dihindari. Sehingga mengharuskan para akuntan atau calon akuntan beradaptasi dalam era disrufsi ini, agar mereka bisa tetap survive dan exist di dunia bisnis. Jika mereka tidak beradaptasi, peranan menyiapkan laporan keuangan atau pemasok data akan tergantikan dengan mesin dan robot/computer. Oleh karenanya akuntan harus meningkatkan kompetensinya dengan meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya terkait, accounting technology and software.

Laporan the Association of Chartered Certified Accountants yang berjudul “Future Ready: Accountancy Career 2020’s (ACCA, 2021)” menyebutkan bahwa profesi akuntan akan menghadapi tantangan untuk bertransformasi menjadi beberapa future career sebagai berikut: (i) The Assurance Advocate (ii) The Business Transformer (iii) Data Navigator (iv) Digital Playmaker dan (v) the Sustainability Trailblazer.

Dalam menghadapi tantangan tersebut, School of Accounting, Binus University pada tahun 2018 telah membuka Program Accounting Technology di Binus University, Campus @Bekasi.

Program ini didesain 8 semester untuk para mahasiswanya. Mereka akan belajar mendalam tentang Kompetensi Dasar Akuntan dengan mendapatkan Mata Kuliah Inti Akuntansi dan akan diperkuat dengan kompetensi kekhususan dibidang Accounting Technology dan software untuk menghadapi tantangan diatas. Matakuliah seperti Big Data Analytics in Accounting, Data Visualisation, ERP (SAP), Business Intelligence, Block Chain dan lainnya akan diberikan kepada mahasiswanya oleh para pengajar professional berpengalaman.

Program Accounting Technology juga telah bekerja sama dan mendapat support dari International Professional Bodies seperti ACCA, ICAEW, CPA Australia dan CIMA. Lulusannya telah banyak tersebar dan berkarir di Big Four Accounting Firms, Big Ten Accounting Firms, Multi National Companies, National Companies maupun institusi/organisasi lainnya atau berwirausaha sebagai entrepreneur.

Dengan akreditasi Unggul dan telah terakreditasi secara Internasional oleh Higher Education Evaluation and Accrediattion Council of Taiwan (HEEACT) kurikulum terkini yang didesain untuk menghadapi tantangan diatas, dan support fasilitas Lab akuntansi dan fasilitas lainnya serta dukungan Professional Bodies, Jejaring Industri; Program Accounting Technology Binus@Bekasi siap memberikan Pendidikan, Kompetensi, dan Kapabilitas bagi mahasiswanya untuk  survive dan memenangkan persaingan didunia profesi dan dunia kerja serta dapat terus beradaptasi dan bertransformasi sesuai perkembangan teknology informasi dalam dunia bisnis saat ini dan dimasa yang akan datang.