5 Alasan Jurusan Psikologi Punya Peminat Tinggi

Ada banyak alasan mengapa orang memilih untuk kuliah di jurusan tertentu, misalnya keahlian, peluang karier, aktivitas perkuliahan, bahkan banyaknya peminat serta karena mengikuti teman. Dari berbagai pertimbangan dan alasan tersebut, beberapa jurusan menjadi jurusan favorit yang memiliki peminat tinggi. Salah satu jurusan tersebut adalah jurusan Psikologi.

Namun, apa yang membuat jurusan ini begitu diminati oleh banyak orang?

Mengapa Kuliah di Jurusan Psikologi?

Bisa dibilang, Psikologi menjadi bidang ilmu yang cukup menarik untuk dipelajari. Meski demikian, bukan hanya itu yang membuat jurusan satu ini selalu memiliki peminat yang tinggi setiap tahunnya. Beberapa alasan lainnya, yaitu:

1. Prospek Karier Luas dan Beragam

Prospek karier selalu menjadi pertimbangan utama saat memilih jurusan kuliah. Nah, Psikologi sendiri jadi jurusan yang memang menawarkan karier yang jelas, luas, dan pastinya sangat beragam. Sebagai lulusan Psikologi, kamu dapat bekerja sebagai HRD di perusahaan, guru BK atau TK, maupun di bagian Riset dan Pengembangan.

Sementara itu, kalau kamu tertarik untuk menjadi terapis, baik itu untuk anak-anak atau orang dewasa yang mengalami kebutuhan khusus, kamu dapat melanjutkan studi ke jenjang S2 dan mengambil ilmu profesi.

2. Mempelajari Ilmu Pengetahuan yang Aplikatif

Alasan lainnya mengapa Psikologi jadi jurusan kuliah yang banyak peminatnya adalah, kamu belajar ilmu pengetahuan yang aplikatif alias dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, bidang ilmu Psikologi juga pastinya akan selalu dibutuhkan dan mengikuti bagaimana perkembangan zaman. 

Melalui ilmu Psikologi, kamu jadi mampu mengenali emosi yang sedang kamu rasakan. Selain itu, kamu juga jadi lebih tahu bagaimana cara yang tepat untuk mengelola emosi yang sedang kamu alami.

3. Mempelajari Perilaku, Pikiran, dan Emosi Manusia

Psikologi bisa dibilang menjadi bidang ilmu yang sangat menarik. Sebab, kamu belajar tentang pikiran, perilaku, dan emosi manusia. Tak hanya belajar mengamati dari luar, kamu juga belajar lebih dalam lagi tentang hubungan antara ketiga aspek tersebut pada manusia. Salah satu pengetahuan yang kamu dapatkan saat kuliah adalah mempelajari neuropsikologi atau hubungan antara otak dan emosi manusia. 

4. Ilmu yang Didapat Bisa Membantu Sesama

Selain itu, Psikologi menjadi bidang ilmu yang sangat bermanfaat untuk membantu sesama manusia. Seperti kamu tahu, masalah kesehatan mental memiliki efek negatif yang bisa dibilang berbahaya untuk kehidupan, baik bagi seseorang yang mengalaminya atau orang lain di sekitarnya. Saat mengalami kondisi ini, kamu tentu saja membutuhkan bantuan ahli, dalam hal ini adalah psikolog atau psikiater. 

Nah, semua ilmu yang kamu pelajari ketika menjalani studi profesi dalam jurusan Psikologi akan sangat bermanfaat untuk hal ini. Sebab, kamu dapat membantu memberikan solusi, mengenali kondisi mental yang sedang terjadi, dan memberikan terapi atau pendampingan hingga seseorang dengan masalah mental mampu kembali menjalani hidup dengan baik.

5. Membantu Memahami Diri Sendiri

Selain sangat berguna untuk orang lain, jurusan satu ini juga cukup efektif untuk membantu kamu memahami kondisi dirimu sendiri, lho! Sebab, ketika kamu merasakan gejolak emosi atau perilaku yang tidak biasa, kamu jadi lebih mengenali sebenarnya apa yang sedang terjadi dengan dirimu sendiri. Selain itu, kamu lebih mudah mengenali karakter diri, kelebihan, maupun kekurangan yang ada pada dirimu.

Kalau kamu ingin belajar Psikologi saat kuliah, BINUS UNIVERSITY bisa jadi rekomendasi kampus swasta terbaik untuk dituju. Jurusan Psikologi BINUS UNIVERSITY ada di kampus BINUS @Bekasi. Nantinya, kamu bisa belajar lebih banyak lagi seputar ilmu psikologi, dan mendapatkan kesempatan untuk kerja magang langsung di perusahaan, sekolah, instansi pemerintah, dan perusahaan. 

Adapun sasaran magang ini berdasarkan program peminatan yang kamu pilih. BINUS UNIVERSITY sendiri menawarkan tiga pilihan peminatan, yaitu Psikologi Pendidikan, Organisasi, dan Komunitas. Menarik sekali, bukan? Jadi, pastikan kamu kuliah di BINUS UNIVERSITY, ya!