7 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Jurusan Management

Ada banyak opsi jurusan kuliah yang bisa kamu pilih setelah lulus SMA. Dari sekian banyak pilihan, program studi management kerap menjadi pertimbangan utama mayoritas generasi muda. Alasan utamanya tak lain adalah kemudahan bagi para alumni jurusan management dalam mencari pekerjaan. 

Kemampuan seorang lulusan program studi management memang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Bahkan, hampir setiap perusahaan dalam berbagai sektor industri membutuhkannya. Alhasil, kamu mempunyai peluang mendapatkan pekerjaan yang sangat luas di berbagai perusahaan, baik lokal maupun internasional. 

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Management

Lalu, pekerjaan seperti apa saja yang bisa didapatkan oleh seorang lulusan management? Pilihannya sangat beragam. Sebagai referensi, berikut ini adalah 7 prospek kerja menjanjikan yang dapat kamu pertimbangkan: 

1. Human Resource

Peluang kerja yang pertama bagi seorang lulusan manajemen adalah menjadi bagian dari human resource department (HRD). Ketika menjadi bagian dari HRD, kamu punya tanggung jawab dalam mengelola SDM dalam perusahaan. Pengelolaan itu meliputi proses perekrutan, perencanaan, pengembangan, manajemen kinerja, kompensasi, ataupun hubungan kerja. 

Peluang kerja menjadi seorang staf HRD bisa kamu dapatkan dari berbagai perusahaan. Tidak hanya itu, profesi ini menawarkan jenjang karier yang menjanjikan. Kamu dapat mengawali karier ini sebagai seorang staf rekrutmen. Puncak karier yang bisa kamu tempati adalah sebagai chief HR officer.

2. Manajer Marketing

Profesi selanjutnya yang sangat potensial untuk lulusan program studi manajemen adalah manajer marketing. Keberadaannya memiliki posisi yang sangat sentral dalam sebuah perusahaan. Manajer marketing yang andal, dapat membantu perusahaan dalam melakukan pemasaran produk dengan baik dan lancar.  

Seorang manajer marketing memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat kompleks. Beberapa tugas dan tanggung jawab tersebut meliputi: 

  • Menyusun dan melakukan koordinasi strategi pemasaran
  • Inisiator dalam upaya promosi produk
  • Melakukan pengaturan anggaran untuk setiap kampanye pemasaran
  • Mengawasi pertumbuhan perusahaan

3. Analis Bisnis

Analis bisnis atau business analyst dapat pula menjadi pertimbangan karier menarik bagi alumni jurusan management. Tugas utama yang perlu kamu lakukan ketika menempati posisi ini adalah analisis data untuk berbagai kepentingan bisnis.

Hasil analisis dari seorang business analyst dapat membantu perusahaan untuk bertahan di tengah persaingan bisnis, mencapai target, dan bahkan mengembangkan bisnis. Tugas yang perlu kamu lakukan cukup beragam, termasuk di antaranya adalah: 

  • Analisis data konsumen dan pasar
  • Analisis struktur organisasi beserta kebijakan perusahaan
  • Pengawasan serta evaluasi data dari berbagai sumber
  • Menyediakan solusi berkaitan dengan berbagai permasalahan bisnis perusahaan

4. Konsultan Bisnis

Seorang konsultan bisnis biasa menjalankan pekerjaannya secara independen atau freelance. Sebagai konsultan bisnis, kamu akan mempunyai tanggung jawab dalam memberikan saran atau bimbingan berkaitan dengan aktivitas bisnis kepada individu maupun organisasi. 

Tak hanya saran dan bimbingan, kamu juga punya tugas dalam membantu klien dalam menyelesaikan sebuah permasalahan bisnis. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi permasalahan dan sekaligus cara mengatasinya. 

5. Data Analyst

Ada pula peluang kerja sebagai data analyst. Profesi ini mempunyai keterkaitan dengan aktivitas analisis dan riset data. Seorang data analyst harus memiliki kemampuan dalam melakukan riset secara akurat. Dengan begitu, perusahaan bisa memanfaatkan hasil analisis data untuk kepentingan pemasaran serta pengembangan produk.

6. Business Development

Banyak orang beranggapan kalau business development (busdev) tak jauh berbeda dengan sales. Padahal, busdev mempunyai tanggung jawab yang jauh lebih besar dibanding sales. Tanggung jawab utama seorang busdev adalah menciptakan nilai bisnis perusahaan secara jangka panjang. 

Upaya dalam menciptakan value bisnis tersebut dapat diwujudkan oleh busdev mempunyai tugas utama berkaitan dengan 3 aspek, yaitu: 

  • Pelanggan. Busdev berupaya untuk membangun strategi pemasaran untuk menjaring pelanggan lebih banyak. 
  • Pasar. Tenaga busdev harus secara tepat dan jeli memilih target pasar. Apalagi, pasar selalu mengalami perkembangan dan bersifat dinamis. 
  • Relasi bisnis. Terakhir, busdev perlu menjaga relasi bisnis yang baik. Tujuannya untuk mempertahankan hubungan bisnis dalam jangka panjang.

7. Manajer Produksi

Terakhir, kamu dapat pula menempati posisi sebagai manajer produksi. Kemampuan kamu dalam hal manajerial sangat membantu dalam proses koordinasi, perencanaan, serta kontrol proses produksi. Hasilnya, perusahaan bisa menjalankan aktivitas produksi secara efektif dan efisien.

Nah, itulah 7 prospek kerja menarik dari lulusan jurusan management. Kamu pun bisa memaksimalkan peluang tersebut ketika berkuliah di perguruan tinggi terkemuka seperti BINUS UNIVERSITY. Program studi ini bisa kamu temukan di BINUS @Kemanggisan, BINUS @Alam Sutera, dan BINUS @Bekasi.