Sering kali mendengar mengenai anak-anak di bawah umur yang bermain dengan gawainya terlihat seperti hal yang negatif. Beberapa hal yang dapat dirasakan apabila anak-anak menggunakan gawai secara berlebihan akan berdampak pada resiko kecanduan akan gawai itu sendiri, mengurangi aktifitas bergerak sehingga berpengaruh pada masalah kesehatan ataupun turunnya stamina anak dan yang dapat terjadi adalah menirukan hal-hal negatif apabila anak-anak bermain gawai tidak diawasi oleh orang tua dengan baik.  

 

Sesuatu hal yang negatif pasti mempunyai sisi positif dalam hal apapun. Dalam bermain gawai anak-anakpun akan mendapatkan sesuatu yang positif, apalagi diawasi dengan baik oleh orang tuanya. Beberapa hal positif yang didapatkan oleh anak-anak dalam menggunakan gawai antara lain adalah dapatnya mengasah kemampuan kognitif apabila anak-anak bermain gawai dengan menggunakan aplikasi permainan yang mengasaha otak ataupun puzzle, memperluas imajinasi dan wawasan apabila diberikan konten-konten yang edukatif, cerita tentang social, mengembangkan kreatifitas, dapat belajar mengenai teknologi-teknologi dasar, dll. 

 

Permainan dalam gawai yang berhubungan dengan kreativitas akan membantu anak dalam perkembangan kreatifitas. Permainan yang berhubungan dengan desain interior yang secara garis besar merancang, mengatur dan merencanakan sebuah ruang padat diaplikasikan terhadap anak-anak guna membangun rasa dan mengenal sebuah fungsi dari ruang. Beberapa aplikasi permainan yang berada dalam gawai baik android ataupun IOS seperti toca boca, avatar world dan yoya world.  

 

 

Di dalam permaianan kita akan mendapatkan sebuah tempat tinggal yang didalamnya belum terdapat furniture, akan teatapi kita dapat menmpatkan furniture tersebut dengan ruang yang telah di sediakan, berbagai furniture akan disediakan mulai dari sarana duduk, saran tidur, peralatan yang berada dalam toilet hingga pernak Pernik ruangan yang dapat mempercantik ruang tersebut. Furniture yang tersedia sangatlah unik, yang dapat mebuat anak-anak tertarik untuk membuat sebuah ruangan sebagaimana mestinya ruangan itu berfungsi. 

 

 

 

Gambar diatas merupakan contoh gambar yang di desain oleh anak berumur 6 tahun. Secara tidak langsung anak-anak menggunakan gawai untuk bermain tidaklah begitu buruk apabila diawasi oleh orang dewasa dan diberikan permainan yang pantas untuk seumurnya. Tetapi semua itu dengan catatan bahwa setiap anak diharuskan memiliki porsi untuk bermain, terutama dari segi waktu agar tidak terlena dengan gawainya.