Sebuah kursi atau sarana duduk membantu kita untuk beraktifitas agar posisi kita tidak selalu berdiri pada suatu aktifitas tertentu. Banyaknya jenis sarana duduk di pengaruhi dari tinggi dari sarana duduk tersebut terhadap kegiatan yang dilakukan. Penempatan sebuah sarana duduk dapat juga mempengaruhi sarana duduk tersebut, seperti sarana duduk pada ruang tamu yang tipikalnya dibuat senyaman mungkin, sarana duduk pada ruang kerja yang dibuat agar fokus dalam mengerjakan sesuatu dan dibuat senyaman mungkin agar dapat duduk lama tanpa merasakan nyeri atau sakit pada bagian tertentu. 

 

Gambar 1. Sarana duduk yang nyaman pada ruang tamu. 

(Sumber: https://vinotiliving.com/id/blogs/tips-and-inspiration) 

 

Ergonomi menjadi salah satu acuan dari pengukuran tubuh pada suatu objek, dalam sarana duduk sudah mempunyai standar ergonomi agar pengguna dapat merasakan kenyamanan dan menghindar dari nyeri pada badan yang bersentuhan langsung pada sarana duduk, akan tetapi ada juga yang sengaja memberikan ergonomi yang buruk pada sebuah sarana duduk, seperti contoh pada tempat makanan cepat saji yang sengaja memberikan ergonomi yang buruk agar para pelanggan tidak nyaman dan cepat pergi setelah menyelesaikan makanannya. Berbeda dengan tempat makan seperti cafe yang memang sengaja memberikan kenyamanan pada sarana duduk mereka agar betah dan berlama – lama berada dalam tempat tersebut, bahkan diberikan sofa yang nyaman agar bisa berdiam lebih lama.  

 

Kenyamanan dari sebuah sarana duduk bukan hanya berpengaruh terhadap tempat hunian, terdapat juga pada bidang transportasi, baik dari transportasi pribadi hingga transportasi umum. Dalam sarana duduk pada transportasi, terutama pada transportasi umum dapat dirasakan perbedaan kenyamanan dari segi financial, dalam artian semakin mahal biaya transportasi yang ditumpangi akan semakin nyaman, yang terbaru adalah adanya kelas dalam kereta api yaitu kelas panoramic yang mempunyai sarana duduk kelas eksekutif yang nyaman di tempati hingga sampai tempat tujuan dan ditambah dengan pemandangan yang lebih luas karena memiliki kaca yang lebih besar dari gerbong kereta lainnya. 

 

Gambar 2. Gerbong kereta api kelas panoramic. 

(Sumber: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6541243/kereta-panoramic-beroperasi-lagi-februari-harga-tiketnya-rp-350000