By: William Geraldy, Christian Jason, Valenzio Kekona, Hasna Auliawati

Sejarah PT. Mayora Indah TBK

 

Mayora Indah TBK merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produk konsumen, yang didirikan pada tahun 1977 dengan pabrik pertama berlokasi di Tangerang dengan target market jakarta dan sekitarnya.

Saat ini produk PT. Mayora Indah TBK telah tersebar di Singapore, Malaysia, Thailand, Phillipines, Vietnam, Hongkong, Saudi Arabia, Australia, Africa, America dan Italy.

 

Strategi Pemasaran

  • Segmentasi. Mayora Indah TBK telah melakukan beberapa strategi dalam mengidentifikasi dan menemukan segmen pasar mereka. PT Mayora Indah TBK mengembangkan dan berfokus pada segmen makanan terutama biskuit dan permen. Ini terbukti dengan produk unggulan mereka yaitu biskuit Roma dan permen Kopiko.
  1. Segmentasi Geografis. PT Mayora Indah mengelompokkan segmen pasar mereka berdasarkan pasar domestik dan luar negeri. Pada pasar domestik, mereka melakukan pengembangan ke seluruh wilayah di Indonesia mulai dari desa sampai kota. Sedangkan untuk pasar internasional, PT Mayora Indah Tbk berfokus pada kota yang berpenduduk padat seperti China, Thailand dan Vietnam.
  2. Segmentasi Demografis. PT Mayora Indah  tidak membuat segmen berdasarkan usia, tingkat penghasilan atau kalangan spesifik, PT Mayora Indah ingin agar produk mereka dapat dikonsumsi dan dijangkau oleh segala macam orang dari berbagai latar belakang, pendidikan, usia dan gender.

Targeting

PT Mayora Indah  juga menargetkan beberapa segmen konsumen. Misalnya mereka mengembangakan produk yang dapat melengkapi nutrisi dan gizi seperti Roma Marie susu, Roma Sari Gandum Digestive dan Energen.

Selain itu mereka juga menargetkan produk mereka untuk pasar dewasa dengan menciptakan produk sebagai produk sarapan keluarga seperti Roma Kelapa

Positioning

  1. Positioning berdasarkan atribut dan manfaat produk

PT Mayora indah menggunakan strategi ini berdasarkan fakta dimana anak Indonesia memiliki nilai mutu gizi pangan yang rendah untuk memenuhi kebutuhan mereka. PT Mayora Indah mengambil kesempatan ini dengan melakukan branding terhadap Energen yang memiliki nutrisi dan gizi yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan anak Indonesia.

PT Mayora Indah juga menggunakan atribut yang berbeda dengan kompetitornya dalam produknya yaitu permen Kis. Permen tersebut memiliki pesan singkat di balik kemasan nya, seperti “selamat pagi, I love you, so sweet”.

2. Positioning berdasarkan harga dan kualitas

PT Mayora Indah memilih untuk menggunakan harga yang terjangkau untuk menjangkau semua konsumen. Ini terbukti dengan produk andalan mereka yang menjadi market leader seperti Mie gelas, kopiko, Beng-beng, Roma

Marketing mix (4p)

  1. Product

Untuk saat ini PT Mayora Indah memiliki 6 divisi dengan produk yang berbeda beda

  • Divisi Biskuit: Biskuit Roma, Danisa, Royal Choice, Better,  Slai O’Lai, Sari Gandum, Sari Gandum Sandwich, Coffeejoy, Chees’kress.
  • Divisi Permen: Kopiko, Kopiko Milko, Kopiko Cappuccino, Kis, Tamarin, Juizy Milk.
  • Divisi Cokelat: Choki-choki
  • Divisi Kopi: Torabika Duo, Torabika Duo Susu, Torabika Jahe Susu, Torabika Moka, Torabika 3 in One, Torabika Cappuccino, Kopiko Brown Coffee, Kopiko White Coffee, Kopiko White Mocca
  • Divisi makanan sehat: Energen Cereal, Energen Oatmilk, Energen Go Fruit.

 

2. Price

Dalam pemilihan harga PT. Mayora Indah memiliki empat langkah dasar, diantaranya:

  • Menetapkan elastisitas harga dari permintaan.
  • Buat perkiraan biaya tetap dan variable dari proses manufaktur dengan volume penjualan yang diproyeksikan.
  • menetapkan semua biaya yang berhubungan dengan program pemasaran
  • Pilih harga yang memberikan marjin kontribusi tertinggi.

 

3. Place

Dengan penjualan yang tinggi, PT Mayora menggunakan distributor untuk mendistribusikan produknya ke semua konsumen dengan begitu PT Mayora dapat menjangkau pasar dengan sangat luas. Saat ini PT Mayora memiliki lebih dari 500 distributor di Indonesia dan di luar Indonesia.

4. Promotion

PT Mayora melakukan promosi menggunakan berbagai media seperti beriklan di banner, televisi, sosial media dan bahkan salah satu produk PT Mayora muncul di beberapa drama Korea.

Apakah strategi pemasaran PT Mayora Indah TBK memiliki manfaat untuk UMKM di Indonesia?

Menurut penulis strategi pemasaran PT Mayora Indah sangat bermanfaat bagi UMKM di Indonesia, ini terbukti dengan dikuasainya pangsa pasar domestik dan internasional.

UMKM bisa meniru strategi yang diberlakukan oleh PT Mayora yaitu dengan melakukan segmenting sehingga perencanaan bisa lebih mudah dilakukan dan juga bisa lebih fokus ke suatu target spesifik dengan begitu pemasaran bisa diberlakukan dengan lebih efisien baik secara waktu, biaya dan sumber daya.

UKM juga bisa meniru PT Mayora dalam menargetkan pasar mereka sehingga UMKM bisa memiliki target market spesifik yang ingin mereka capai. UMKM juga bisa meniru bagaimana PT Mayora memposisikan diri mereka yang dapat memberikan keunggulan kompetitif.

jika semua strategi tersebut sudah diimplementasikan dan membuahkan hasil, UMKM bisa meniru PT Mayora Indah dengan memperluas ke pasar Internasional.

 

References

Pengantar Bisnis: PT. Mayora Indah,Tbk (atmajayakelompokbusiness.blogspot.com)

TaniaMP blog : Strategi Pemasaran PT. Mayora Indah Tbk dengan Era Revolusi Industri 4.0 (tania marsya putri.blogspot.com)

STRATEGI PEMASARAN DAN INTERNASIONAL PT MAYORA INDAH TBK (strategipemasaranptmayoraindah.blogspot.com)

*annual-report-2020.pdf (mayoraindah.co.id)

Laporan Tahunan PT Mayora Indah Tbk. | Mayora Indah

Sekilas Tentang PT Mayora Indah Tbk. | Mayora Indah

https://ajaib.co.id/saham-mayora-menggugah-selera-untuk-masuk-ke-dalam-investasi-anda/#:~:text=Merek%20Dagang%20Mayora%20Berdasarkan%20Divisinya&text=Divisi%20Kembang%20Gula%20(permen)%3A,Divisi%20Coklat%3A%20Choki%2Dchoki.

https://www.mayoraindah.co.id/landing/Merek-6