aman sekarang, siapa yang tidak kenal dengan brand Starbucks? Starbucks Coffee adalah brand berskala internasional yang sudah memiliki pasar di seluruh dunia. Kedai kopi ini tersebar kedalam 79 negara dan memiliki jumlah gerai resmi di dunia setidaknya sebanyak 32 ribu kedai. Untuk bisa mencapai titik ini, Starbucks sebagai brand yang sudah sangat dikenal sekarang tentunya memiliki strategi marketing pemasaran yang menarik sehingga mampu membuat Starbucks dapat berkembang pesat hingga sekarang. Terdapat beberapa strategi yang diterapkan Starbucks dalam memasarkan bisnisnya.

Starbucks dapat menciptakan emotional connection melalui pelayanan yang diberikan. Cara pemesanan Starbucks yang khas dengan cara menanyakan nama pelanggan satu persatu dan menuliskan nama pelanggan ketika memesan, serta menuliskan kalimat “Have a nice day” di cup tersebut . Hal tersebut terkesan sederhana, namun dapat membuat pelanggan menjadi merasa spesial dan istimewa. Terbukti dengan cara Starbucks membangun relasi atau emotional connection melalui barista dengan pelanggan, membuat banyak kedai kopi yang mengadopsi cara tersebut dan alhasil memberikan dampak yang baik. Masih dalam konteks kenyamanan dan kepuasan pelanggan, Starbucks menempatkan dirinya sebagai brand premium yang memiliki rasa kopi yang unik, contohnya seperti Starbucks memiliki Secret Recipe, dan ini menjadi daya tarik tersendiri terhadap pencinta kopi. Tidak hanya itu, brand ini juga memberikan fasilitas yang nyaman kepada pelanggan. Starbucks membuat tempat kedai kopi yang mewah dengan suasana yang nyaman sehingga memberikan kesan dan pengalaman positif terhadap pelanggan yang datang. Maka dari itu, Starbucks bisa dikatakan sebagai zona nyaman bagi pelanggan yang ingin bersantai sejenak dan melepaskan penat. Starbucks juga menerapkan Customer Retention, yang merupakan cara Starbucks untuk mendapatkan customer yang loyal, dan membuat pelanggan kembali membeli produk perusahaan tersebut. Starbucks memiliki banyak cara untuk membuat pelanggan melakukan repeat order. Contohnya dengan mengadakan promo tertentu, seperti misalnya setiap tanggal 22, Starbucks memberikan diskon sebesar 50% untuk setiap pembelian minuman jika membawa tumbler atau mug khusus yang dibeli dari Starbucks. Lalu pelanggan juga bisa mendapatkan benefit berupa promo yang hanya bisa didapatkan jika memiliki Starbucks Card, yaitu stars. Stars adalah poin yang didapatkan setelah pelanggan membeli minuman atau makanan diatas 25 ribu. Setelah mendapatkan stars yang cukup banyak, pelanggan bisa menukarkan stars tersebut dengan salah satu produk di Starbucks secara gratis. Starbucks juga melakukan strategi yang dapat dibilang cerdas, yaitu kolaborasi. Starbucks melakukan banyak kolaborasi dengan brand ternama, diantaranya adalah Starbucks dengan Aqua menciptakan Aqua Reflections, lalu Starbucks juga berkolaborasi dengan Blackpink menciptakan tumbler dan gelas yang banyak diminati khususnya penggemar Blackpink.

 

Beberapa strategi starbucks seperti emotional connections, diskon khusus pada hari tertentu, tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu dengan kerabat terdekat dapat di implementasikan terhadap UMKM yang bergerak dibidang food and beverage khususnya penjualan kopi. strategi ini juga dapat diterapkan pada penjual kopi secara daring, yaitu dengan emotional connections yang seharusnya terjadi secara langsung diganti dengan berupa teks langsung ataupun note yang diletakkan di paket pembelian. Tetapi ada strategi yang kurang cocok diterapkan pada UMKM yaitu merchandise karena untuk menerbitkan merchandise harus memiliki branding yang kuat, sedangkan UMKM biasanya belum memiliki branding yang kuat. Maka dari itu tidak semua strategi Starbucks dapat diterapkan pada UMKM, UMKM tetap harus memilih dan mempertimbangkan semua faktor-faktor penting.

 

By : Billy Hiel Claudius

Geraldo Kenzhi Johano

Dhafin Mahdi Yusran H.A

 

 

 

References

https://www.paper.id/blog/headline/strategi-pemasaran-starbucks/

https://blog.higo.id/mengulik-strategi-marketing-starbucks-yang-berhasil-dicintai-konsumen

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/26/starbucks-miliki-328-ribu-gerai-resmi-di-seluruh-dunia-terbanyak-di-as#:~:text=Starbucks%20menjadi%20perusahaan%20minuman%20kopi,Serikat%20negara%20total%206.451%20gera

https://ahlimanajemenpemasaran.com/2012/02/strategi-pemasaran-cafe-starbuck/#:~:text=Strategi%20pemasaran%20Starbuck%20berbasis%20segmenting,didasarkan%20pada%20kondisi%20segmentasi%20konsumen.