PT Indomarco Prismatama atau yang biasa dikenal dengan Indomaret adalah toko retail yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari – hari masyarakat. Minimarket yang sudah berdiri sejak tahun 1988 ini sudah tersebar luas di beberapa wilayah di Indonesia, terutama pulau Jawa. Hal ini merupakan bagian dari strategi pemasaran. Indomaret memilih lokasi strategis dalam menempatkan gerainya seperti di daerah perumahan, perkantoran, sekolah, kampus, maupun dekat jalan raya yang banyak dilalui kendaraan.

 

Pemilihan lokasi penempatan yang strategis ini bertujuan untuk menjangkau masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari. Selain lokasinya yang strategis, tampilan setiap gerai Indomaret juga dibuat modern demi menarik perhatian dan memberikan kenyamanan bagi pembeli.

 

Strategi lainnya yang tak kalah penting adalah penempatan harga. Indomaret melakukan penetapan harga yang disesuaikan dengan kualitas barang yang ditawarkan namun tetap dapat bersaing dengan perusahaan retail lainnya. Indomaret juga sering menerapkan Charm Pricing, yaitu stategi penentuan harga psikologis yang melibatkan angka “9”. Dengan stategi ini, konsumen akan merasa harga yang ditawarkan lebih murah.

 

Berbagai promo menarik juga turut ditawarkan kepada konsumen, terutama bagi yang memiliki Indomaret Card, hasil kolaborasi dengan Bank Mandiri. Tak hanya promo, Indomaret Card juga turut memberikan beberapa keuntungan dan kemudahan bagi penggunanya, seperti alat pembayaran e-toll, SPBU, dan beberapa transaksi e-money lainnya.

Selain promo dari Indomaret Card, Indomaret juga memiliki 2 jenis promosi yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Promosi jangka pendek terdiri atas promo “Super Hemat” yang berlangsung 2 minggu sekali. “Harga Heboh”, berupa pemberian harga special untuk produk kebutuhan sehari – hari. Serta “Promosi Bulan Ini” yang dilakukan rutin setiap bulan. Untuk promosi jangka panjang, Indomaret menawarkan kepada konsumen untuk mendaftar menjadi member Indomaret demi menjaga loyalitas konsumen.

 

Indomaret juga menyediakan layanan Indomaret Point dengan konsep Convenience Store yang menyediakan kebutuhan personal seperti Dry food, Ready to eat, Ready to drink, Non – food dengan fasilitas meja, kursi serta WiFi yang memprioritaskan kenyamanan konsumen.

 

Jika dilihat dari beberapa startegi pemasaran Indomaret, bisa dipastikan bahwa Indomaret sangat memahami target pasarnya. Begitu pula bagi UMKM. Mengenali target pasar terlebih dahulu sangat penting sebelum menyusun stategi pemasaran kedepannya. UMKM dapat turut menerapkan strategi pemasaran seperti Indomaret yaitu menentukan lokasi atau lingkungan sekitar usaha yang strategis dan sesuai dengan target pasar usaha. Karena, jika diamati, ada banyak diluar sana usaha yang kurang tepat dalam memilih lokasi strategis untuk usaha sehingga sulit untuk bertemu dengan target pasar dan akhirnya usaha sulit dikembangkan.

 

Tidak hanya dalam menentukan lokasi, UMKM juga harus pintar dalam menentukan harga agar harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas yang diberikan namun tetap dapat bersaing di pasaran. UMKM dapat meniru stategi Charm Pricing maupun mencoba memberikan berbagai diskon dan promo seperti yang diterapkan oleh Indomaret.

Selain itu, tempat yang nyaman dan pelayanan yang baik juga dapat berpengaruh terhadap penjualan dan citra usaha. UMKM dapat turut menyediakan tempat yang nyaman bagi pelanggan seperti WiFi dan pencahayaan yang baik. Hal tersebut dapat membangun loyalitas pelanggan.

 

Dari seluruh pembahasan dapat kita simpulkan, bahwa UMKM di Indonesia dapat turut meniru, mengolah, dan mengembangkan strategi pemasaran perusahaan besar, seperti Indomaret agar UMKM dapat terus maju dan berkembang lebih lagi.

 

By: Andrea Matthaea Gunawan, Jesslyn Francesco, Jovann Joseph Fideli

 

References

https://indomaret.co.id/home/index/home

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Indomaret

http://fairetail29.blogspot.com/2017/04/indomaret-point-indomaret-plus-dan.html?m=1