Kopi Kenangan merupakan salah satu perusahaan F&B yang menawarkan berbagai macam produk minuman Grab – and – Go dengan perkembangan tercepat di Indonesia. Kopi Kenangan ditemukan dan didirikan oleh Edward Tirtanata (Founder & CEO) di tahun 2017 dengan misi memperkenalkan kualitas tinggi dari kopi di Indonesia ke seluruh negara di Asia bahkan dunia. Sukses menjalankan misinya, pada tahun 2021 Kopi Kenangan merupakan perusahaan New Retail F&B pertama di Asia Tenggara yang memiliki gelar startup Unicorn. Penjualan dari Kopi Kenangan sendiri bisa mencapai 30 juta cup di tahun 2020, dengan 600 gerai yang tersebar di seluruh kota di Indonesia dan jumlah pekerja lebih dari sebanyak 3.000 orang.

Pastinya ada strategi yang dilakukan oleh Kopi Kenangan sehingga bisa tetap bertahan walaupun memiliki banyak pesaing seperti sekarang ini. Berikut beberapa strategi yang dilakukan Kopi Kenangan hingga seperti sekarang ini :

 

  1. Nama Brand yang Mudah Diingat dan Penuh Makna

Edward Tirtanata sendiri memilih nama “Kopi Kenangan” sehingga bisa membedakan dengan kedai kopi lainnya yang kebanyakan menggunakan bahasa asing, dengan ini juga memudahkan masyarakat untuk mengingat nama brandnya hingga masyarakat dibawa penasaran dengan makna dari “Kopi Kenangan”. Menurutnya kata “Kenangan” mampu membangkitkan ingatan seseorang pada mantan yang tak terlupakan.

  1. Memberikan Kualitas Terbaik dengan Harga Terjangkau

Sesuai dengan misinya, Kopi Kenangan memiliki tujuan untuk mengenalkan kualitas cita rasa dari kopi lokal Indonesia kepada masyarakat. Kopi Kenangan berfokus pada kualitas dari setiap varian rasa minuman sehingga menjamin konsumen bahwa dengan harga yang cukup terjangkau, para konsumen dapat menikmati kualitas premium dari minuman yang disajikan. Kualitas dari setiap varian rasa Kopi Kenangan juga selalu dijaga agar cita rasanya konsisten dengan cara membuat kopi dengan mesin yang modern serta melatih setiap pegawai untuk mengoperasikan mesin dan membuat minuman sesuai dengan standar kualitas.

 

  1. Memanfaatkan Sosial Media untuk Digital Marketing

Kopi Kenangan memanfaatkan Sosial Media sebagai strategi marketing atau digital marketing untuk mengembangkan usahanya. Kopi Kenangan dapat ditemukan di Instagram, aplikasi buat video TikTok dan platform sosial media lainnya. Selain itu, Kopi Kenangan juga memiliki aplikasinya sendiri, di dalam aplikasi tersebut konsumen dapat melihat varian minuman dan sekaligus mendapatkan informasi lainnya.

  1. Kolaborasi Brand

Dengan menggunakan sosial media sebagai strategi marketing, Kopi Kenangan juga melakukan beberapa kolaborasi dengan beberapa influencer ternama seperti BTS, Hotman Paris, Nicholas Saputra, Isyana Syarasvati dan banyak influencer besar lainya. Kolaborasi yang dilakukan berupa kolaborasi untuk memunculkan inovasi minuman dan merchandise yang menarik, juga kolaborasi sebagai brand ambassador.

  1. Memperluas Inovasi Produk

Kopi Kenangan Group tidak hanya menawarkan minuman kopi dan teh, tetapi juga terus menawarkan berbagai hidangan lezat  yang cocok untuk minum kopi. Ini termasuk berbagai macam roti dari Cerita Roti, minuman jeruk asli dan ayam goreng merk Chigo yang  diluncurkan  awal tahun ini. Kopi Kenangan Group bertujuan untuk menyediakan menu-menu lezat untuk kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia dengan menawarkan variasi menu yang lebih luas. Dan baru-baru ini Kopi Kenangan meluncurkan produknya yang didalam botol atau kemasan botol dan dijual di supermarket.

Kelima strategi Pemasaran yang dilakukan oleh Kopi Kenangan diatas merupakan strategi pemasaran yang sangat efektif dan cukup mudah dilakukan karena strategi marketing Kopi Kenangan bisa dimulai dengan hal sederhana seperti membuat nama yang menarik dan mudah diingat, menggunakan social media, membuat inovasi produk, dan bisa juga dilanjut dengan kolaborasi. Strategi sederhana tersebut sangat baik untuk diaplikasikan juga pada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) sebagai strategi marketing untuk memunculkan brand awareness kepada target market yang dituju. Pada awalnya dalam membangun UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), sangat penting untuk mengenalkan produk perusahaan secara luas untuk meningkatkan daya tarik daripada konsumen. Dengan mengaplikasikan strategi marketing dari Kopi Kenangan bisa membantu UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk mengenalkan produk kepada konsumen secara luas dengan biaya yang minimum dengan hasil yang maksimal.

 

By: Shiella Nathalie Hutany, Aurelia Agatha, Dominica Evelyn Cahyadi

 

References :

https://kopikenangan.com/about

https://medium.com/@halokaff/strategi-branding-kopi-kenangan-melawan-dominasi-kopi-internasional-di-indonesia-47cbb7886522

https://pressrelease.kontan.co.id/release/tetap-ekspansi-di-tengah-pandemi-ini-4-strategi-jitu-kopi-kenangan?page=all

https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/pemilik-kopi-kenangan/