Strategi pemasaran adalah sebuah cara yang biasanya digunakan oleh pelaku bisnis besar maupun kecil nasioanl atau internasional untuk memenangkan persaingan ketat dalam pemasaran produk pada konsumen. Dengan adanya  persaingan yang ketat pada membuat para perusahaan wajib untuk memakai strategi pemasaran salah satu contohnya adalah PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Pada bidang produk mie instan nya dengan tujuan untuk menjaga posisi dan market share perusahaan sebagai market leader pada bidangnya. dalam menerapkan strategi pemasarannya PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. Menggunakan strategi marketing yang cukup terdengar basic namun efektif yaitu salah satunya adalah marketing mix/4P

 

  • Product

Startegi ini adalah mencari cara untuk melakukan penyempurnaan produk untuk menyesuaikan dengan selera konsumen, dengan begitu jika strategi ini berhasil maka produk mampu memikat target pasar yang jauh lebih luas. ada juga cara lain yaitu untuk membangun brand produk agar menjadi sebuah hal yang menempel erat pada pikiran masyarakat

 

  • Price

Harga juga merupakan aspek yang sangat penting dalam sebuah produk sebab jika harga produk tidak sesuai dengan target pasar yang dituju maka ada kemungkinan besar bahwa produk akan menjadi tidak laku di pasaran. Namun ada baiknya untuk menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas produk yang dimiliki namun disesuaikan dengan competitor agar tidak terlihat overprice oleh konsumen.

 

  • Place

Pemasaran produk juga harus merata, efisien dan efektif. Hal ini bertujuan agar semua dapat mengenal, mencoba dan mengetahui produknya, sebagai contoh untuk produk instant dapat dipasarkan melalui took kelontong, pasar swalayan, dan memperbanyak distribusi dengan menunjuk agen agen yang layak dan tidak asal. Hal ini seiring dengan marketing yang baik, promosi produk yang baik  dan kualitas yang baik. Besar kemungkinan mampu mempenetrasi pasar yang ada.

Gambar saluran distribusi

Sumber : https://ilmumanajemenindustri.com/jenis-jenis-saluran-distribusi-pemasaran-distribution-channel/

  • Promotion

Promosi adalah hal yang dilakukan untuk membangun brand image pada pasar. Hal merupaka hal yang sangat penting sebab produk yang bagus tanpa marketing kemungkinan besar tak akan bisa melakukan penetrasi pada pasar. Promosi dapat dilakukan melalui iklan dari televisi, facebook ads, dan social media lainnya. Untuk Indomie mereka juga menjadi sebuah sponsor pada acara besar agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

 

  1. Analisis manfaat strategi tersebut untuk UMKM di Indonesia

Setiap pelaku UMKM tentu ingin mengembangkan jangkauan usahanya seluas mungkin. Namun, kurangnya pemahaman tentang pemasaran bisnis menjadi permasalahan tersendiri yang sering dialami UMKM, terutama jika berkaitan dengan teknologi atau pemasaran digital. Meski sudah banyak pelaku UMKM yang menjual produknya secara online melalui media sosial atau marketplace, pemahaman tentang pemasaran digital masih belum maksimal sehingga potensi keuntungan yang diperoleh pun masih belum optimal sebab dalam membangun bisnis yang bertahan lama diperlukan kemampuan untuk menerapkan strategi marketing dan inovasi, hal ini lah yang menyebabkan banyaknya UMKM yang gagal bersaing dan tidak bertahan lama ditengah gempuran inovasi.

 

Strategi yang digunakan oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk juga mampu bermanfaat pada UMKM yang bergerak pada bidang produksi ataupun bidang lainnya karena setiap step pada marketing strategi 4P mampu mendorong dan memajukan banyak UMKM di Indonesia sehingga produknya mampu memenangkan hati pasar dan berhasil melakukan penetrasi terhadap pasar yang ditujunya.

Namun masih banyak UMKM yang kurang inovasi, , membangun brand dan tidak pekanya terhadap pesaingan produk diluar sana sehingga kualitasnya tidak sebanding dengan competitor yang lebih baik. Semua hal ini dapat diperbaiki dengan cara  meningkatkan kualitas branding produk UMKM, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan analisa SWOT (Strengths, Weaknesses Opportunities, Threats) terhadap produk yang dijual atau mau diluncurkan agar mampu menonjolkan ciri khas dari produknya dan membedakan produk dari produk yang lainnya.

Ilustrasi analisis SWOT

https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:SWOT_id.svg

 

 

References

 

https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/masalah-umkm-dan-cara-mengatasinya/

https://interactive.co.id/blog/10-permasalahan-ukm-dan-cara-mudah-untuk-mengatasinya-127.html

https://www.academia.edu/19614458/Manajemen_Strategi_Analisis_SWOT_PT_Indofood_

https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:SWOT_id.svg