Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah untuk para pebisnis F&B, sekaligus yang paling menantang karena kita hanya punya waktu 4-5 jam untuk menyajikan makanan terbaik untuk customer.

Berikut ini tips dan trick agar bisnis F&B bisa lebih maju dan siap menghadapi Ramadhan ini.

  1. Restoran Outdoor & semi outdoor akan jadi juara saat ini. Riset dari Jakpot (2022) menunjukkan bahwa 6 dari 10 konsumen mulai berani untuk berbuka puasa di restoran kembali, tapi mereka lebih memilih tipe tempat outdoor.
  2. Sedangkan bagi para penjual cemilan, bisa coba pertimbangkan untuk mulai aktif di Tiktok. Pasalnya pengguna Tiktok cenderung berbelanja lebih jika dibandingkan dengan yang tidak menggunakan aplikasi Tiktok.
  3. Selain itu, hampers di musim Ramadhan ini juga banyak diminati. 3 dari 10 orang mempersiapkan budget untuk hampers di Ramadhan. Dan sekitar 60% dari mereka akan juga membeli makanan Ready to eat seperti menu-menu resto untuk dijadikan hampers, tidak hanya kue kering.
  4. Jangan ragu untuk membuat konten di Youtube. Pengguna Youtube menghabiskan uang 34% lebih tinggi dibanding yang tidak menggunakan internet. Youtube telat membantu mengarahkan 89% penjualan offline.
  5. Bazaar makanan mulai dikejar kembali. Riset Inmobi (2022) menunjukkan bahwa konsumen mempunyai “Hasrat” yang sudah dipendam selama 2 tahun, yaitu bisa berbelanja, termasuk mendatangi bazaar makanan.

Diluar hal-hal di atas, ketepatan waktu pengiriman bahan baku juga memegang kunci dalam keberhasilan penjualan F&B saat ini. Karena momen krusial di dapur salah satunya adalah planning bahan baku. Jika bahan masakan sampai habis/ telat datang, maka penjualan hari itu bisa beresiko tidak bisa dimaksimalkan.

Masih ada banyak hal yang bisa diupayakan di musim Ramadhan ini, yang mungkin bisa berbeda satu brand dengan lainnya. Namun yang pasti, ini adalah momen yang tepat untuk memaksimalkan penjualan, terlepas dari banyaknya saingan bisnis F&B yang bermunculan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Source: https://www.instagram.com/p/Cbj1Le7hu7l/?igshid=YmMyMTA2M2Y= dengan penyesuaian