Penetapan harga adalah suatu tindakan dalam menetapkan jumlah yang dibebankan seseorang untuk barang atau jasa, atau nilai yang bersedia diterima seseorang pembeli untuk suatu barang atau jasa.

Strategi penetapan harga adalah aspek penting dalam menjalankan bisnis. Ini menentukan berapa harga yang akan dikenakan dan berapa banyak keuntungan yang akan diperoleh dari setiap penjualan. Dengan mengingat hal ini, penting untuk mengetahui cara kerja penetapan harga dan faktor-faktor apa yang memengaruhi penetapan harga.

Terdapat tiga jenis strategi dalam penetapan harga pertama adalah penetapan harga berdasarkan biaya perolehannya (cost-based), penetapan harga berdasarkan persaingan/pasar, dan penetapan harga berdasarkan nilai/benefit yang ditawarkan. Penetapan harga berbasis biaya hanya berfokus pada biaya tetap suatu barang (seperti tenaga kerja) sementara kompetitif /berbasis pasar dalam menetapkan harga jual. penetapan harga kompetitif ditekankan pada harga pesaing yang ada dipasar. Dan penetapan harga berdasarkan nilai/benefit adalah menetapkan harga berdasarkan nilai/benefit apa yang akan ditawarkan kepada konsumen.