Nama : Madeline Lesmana 

NIM : 2602115343 

 

 

 

 

Sebelum mengetahui cara konsep bisnis yang menarik, perlu kita ketahui terlebih dahulu apa itu “konsep bisnis”. Konsep Bisnis merupakan beberapa kumpulan ide atau gagasan untuk membangun atau manifesting sebuah usaha. Bahasa sederhananya, konsep bisnis adalah perencanaan sebelum mengelola sebuah bisnis atau rancangan bisnis. Dalam membangun sebuah bisnis tentu kita perlu sebuah perencanaan atau plan yang matang agar nantinya bisnis yang akan kita jalankan dapat berjalan dengan baik. Konsep bisnis yang matang dan terstruktur dengan baik, nantinya pasti akan mencapai goals yang tepat.  

Lalu, apa yang perlu kita lakukan dalam membuat sebuah konsep bisnis yang tepat? 

Yang pertama, kita memerlukan research mengenai permasalahan yang relate dengan masyarakat akhir-akhir ini. Apa yang sedang mereka butuhkan? Apa yang menjadi permasalahan dan keresahan masyarakat saat ini? Dari situlah kita bisa melihat adanya peluang dan membantu melihat serta mencari solusi atau jalan keluar dari keresahan masyarakat. Biasanya, motivasi utama atau niat seorang entrepreneur untuk membangun sebuah bisnis diawali dengan keresahan. Entah itu keresahan yang dia alami sendiri atau keresahan-keresahan yang dialami oleh orang lain. Ketika keresahan tersebut dapat diwujudkan, biasanya bisnis itu akan berjalan sukses dan bertahan lama karena akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Contohnya GO-JEK, berawal dari keresahan Pak Nadiem yang sulit mendapatkan transportasi karena jauh dari pangkalan ojek dan ia diharuskan berjalan kaki sehingga lelah. Akhirnya dia membuat aplikasi transport online untuk memudahkan dia mendapatkan driver dan untuk sampai ke tempat tujuan jadi lebih mudah. 

 

Yang kedua, kita perlu mencari dan menentukan target pasar yang akan kita tuju. Misalnya kita ingin membuat bisnis kita dengan target pasarnya semua umur atau bisa juga dengan rentang umur 20-30 tahun, dan lainnya. Cara mengetahui target pasar yang dituju sesuai dengan bisnis yang dijalankan, dapat dilakukan dengan evaluasi pasar. Kita bisa mencermati trend-trend belakangan ini ( trendnya terkenal di kalangan usia mana ) dan berasumsi atau bisa dengan survey jika ingin mengetahui secara detail tentang target pasar yang tepat untuk bisnis kita. Target pasar ini sangat penting untuk mengetahui dan mengukur potensi keberhasilan bisnis kita nantinya. Selain itu, juga bisa membantu proses perkembangan bisnis kita, menentukan branding binis, dan memudahkan analisis keuangan. 

 

 

Yang ketiga, nama bisnis atau business title ( termasuk logo ). Segala sesuatu, pastinya membutuhkan identitas termasuk salah satunya dalam membangun sebuah bisnis. Ini juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam konsep bisnis. Tanpa sebuah nama, bisnis kita dapat dikenal oleh banyak orang. Namun perlu diperhatikan juga dalam membuat sebuah nama bisnis kita memerlukan nama yang menarik, mudah diingat, singkat, dan kalau bisa ada cerita dibalik makna nama tersebut. 

 

 

Yang keempat, tentukan produk bisnis atau jasa yang akan ditawarkan atau dijual. Poin ini perlu menjadi perhatian lebih karena ketika kita ingin menawarkan suatu produk atau jasa, kita perlu memperhatikan kualitas, internal, dan eksternal dari produknya sebelum diproduksi. Apakah worth to buy? Apakah aman untuk diproduksi atau ditawarkan? Dari segi design dan manfaat tentu hal ini perlu menjadi bahan pertimbangan juga. 

 

Yang kelima, branding-promotion. Tentu kita perlu memasarkan produk atau jasa yang kita usahakan untuk dikenal oleh banyak orang lagi. Kita harus pintar dalam menarik para pembeli agar mereka terpersuasi untuk membeli produk kita. Namun hal tersebut balik lagi dengan cara kita branding produk kita, menarik atau tidak? Branding produk bisa dilakukan dengan banyak cara, bisa melalui media sosial atau promosi offline dengan menyebar flyer atau memasang iklan di jalan dengan spanduk. 

 

 

Sources : 

https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/operasional/ketahui-cara-membuat-konsep-bisnis-yang-baik-dan-benar 

https://www.niagahoster.co.id/blog/target-pasar/ 

https://www.xendit.co/id/blog/cara-mudah-membuat-konsep-bisnis/#:~:text=5%20Langkah%20Membuat%20Konsep%20Bisnis%20untuk%20Pemula%201,Bisnis%20…%205%205.%20Lakukan%20Analisa%20Keuangan%20