Dalam suatu bisnis itu sangat penting untuk membangun dan menjaga relasi, Karena di dalam suatu bisnis itu sangat diperlukan yang namanya relasi atau hubungan. Dengan adanya hubungan baik dalam bisnis, hubungan tersebut bisa memberikan banyak keuntungan, kebaikan, ilmu yang nantinya bisa diambil lalu diterapkan ke bisnis yang sedang dijalankan dan kesuksesan terhadap bisnis. 

Selain memberikan keuntungan dan kesuksesan terhadap bisnis yang sedang dijalankan, Relasi bisnis bisa membantu dan juga bisa mengembangkan usaha atau bisnis yang sedang kita jalankan. Selain bisa membabtu bisnis relasi bisnis juga bisa menjadi mentor kita dan akan memberikan banyak wawasan dan ilmu yang bisa menghindari kita dari kesalahan kesalahan dakam menjalankan bisnis. 

  1. Jangan malu untuk berkenalan, dan bertanya pada orang baru 

 

Jika ingin membangun suatu relasi atau hubungan dalam bisnis, janganlah kita malu untuk berkenelan dan bertanya kepada orang baru, beranikanlah diri kita untuk berkenalan dengan orang baru. Karena dengan memiliki banyak kenalan atau relasi bisnis itu dapat mempengaruhi dan memajukan bisnis yang sedang kita jalankan. 

Jika kita tergabung ke dalam suasana baru seperti memasuki lingkungan sekolah baru  janganlah kita untuk berdiam diri saja, tetapi perkenalkan diri kita, mulai bebasa basi untuk membuka obrolan, jika suda memulai obrolan mulailah cari topic yang tepat dengan situasi obrolan. Kondisi ini emang tidaklah mudah bagi sebagian orang itu susah apalagi bagi orang orang yang introvert yang terbiasa sendiri namun hal ini harus dibiasakan dari sekarang karena jika dalam bisnis kita hanya memiliki sedkit relasi akan susahnya bisnis kita yang sedang dijalankan untuk maju dan berkembang. 

 

  1. Selalu fokus dalam obrolan  

 

Jika kita sedang melakukan perbincangan atau obrolan dengan orang lain, kita harus selalu fokus dalam obrolan tersebut, jangan alihkan fokus ke hal yang lain, karena dengan kita tetap fokus terhadap obrolan bisa membuat orang lain mempunyai kesan dan penilaian yang baik terhadap kita. Dan juga selain dapat kesan yang baik dari orang lain, kita juga bisa menjaga perasaan orang lain  dengan tetap fokus pada obrolan.  

  1. Menjadi Pendengar yang baik  

 

Ketika kita ingin membangun dan menjaga hubungan kita dengan seseorang yang baru kita kenal, setelah melakukan perkenalan dan perbincangan yang cukup ringan, ada baiknya kita lebih banyak mendengar, dan janganlah sekai kali memotong pembicaraan orang lain karena bisa membuat penilaian orang lain terhadap kita menjadi jelek.  

Dengan kita lebih banyak mendengar, kita akan  lebih mendapatkan informasi dan permasalahan dari orang lain atau relasi bisnis kita. Ketika kita sudah mendapatkan informarsi atau permasalahan yang sedang di alaminya kita bisa membantu relasi bisnis kita. Dan nantinya relasi bisnis kita juga bisa membantu kita ketika kita sedang mengalami kesulitan dalam bisnis yang sedang kita jalankan. 

 

Membangun suatu Bisnis atau perusahaan itu tidak mungkin dilakuakn dengan seorang diri saja, manusia itu merupakan makhluk sosial tidak mungkin bekerja sendiri pasti membutuhkan orang lain, sama hal nya seperti bisnis yang kita jalankan kita tidak mungkin menjalankan bisnis kita itu sendiri saja. Tapi membutuhkan orang lain untuk bersama sama membangun dan menjalankan bisnis sampai mencapai titik kesuksesan, maka dari itu penitngnya kita untuk menjaga dan membangun relasi. Tidak hanya terhadap relasi bisnis saja tetapi kita juga harus membangun dan menjaga hubungan terhadap tim ataupun karyawan bisnis agar semakin kompak dan menjadikan bisnis kita menjadi sukses.