MUHAMMAD NAUFAL DIVADHA 

2602138196 

 

 

 

 

 

Tidak dapat dipungkiri bahwasannya berternak sangat identik dengan hal yang kotor seperti membersihkan kandang dan semacamnya.Taukah kamu kalau bisnis ternak lele ini sangat menguntungkan?dan cara budidaya untuk pemula pun tidaklah rumit karna benih lele itu mudah didapat dan mudah perawatanya 

 

Ikan Lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudah dibudayakan di lahan komersial oleh masyarakat Indonesia. 

Bisnis ikan lele sangat populer di Indonesia. Buktinya kita bisa melihat banyak penjual pecel lele di berbagai penjuru daerah. Itu artinya,permintaan pasar ikan lele ini tinggi. 

Budidaya ikan lele bisa dilakukan dengan dimulai dengan skala kecil ,seperti budidaya menggunakan drum plastik,dan lain-lain. 

 

Budidaya Lele berkembang pesat dikarenakan dapat dibudidayakan di lahan dan sumber air yang terbatas dengan padat, lebar, tinggi, teknologi budidaya yang relatif mudah dikuasai oleh masyarakat, pemasarannya relatif mudah serta modal saha relatif rendah. 

Ikan lele sangat mudah untuk dikelola oleh pemula karena mereka memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat,ikan lele bisa diolah menjadi berbagai macam olahan contohnya menjadi abon ikan lele dan semacamnya. 

Faktor yang mendukung pembudidaya Ikan Lele untuk melakukan usaha ini adalah harga jual serta permintaan relatif tinggi. 

 

SUMBER REFERENSI 

 

 –jurnal web 

 

Zulfan*, Zulkarnaini2, Hazmi,2021.JURNAL SOSIAL EKONOMI PESISIR Volume 2, Nomor 1, http://www.sep.ejournal.unri.ac.id E-ISSN: 2723-679X | P-ISSN: 2541-0865