Meningkatkan Bisnis Lokal: Kontribusi Usaha Kecil dan Menengah terhadap Malas Kerja dan Pertumbuhan Ekonomi. Usaha mikro dan kecil (UMKM) kini menjadi semakin penting dalam perekonomian Indonesia, khususnya dalam hal meningkatkan rasa aman masyarakat dan pertumbuhan ekonomi negara. UMKM mempunyai pendekatan strategis untuk meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk serta meningkatkan taraf hidup masyarakat luas.  

Faktor Pendukung dan Penghambat UMKM 

     Faktor pendukung UMKM antara lain struktur organisasi yang lebih baik, manajemen keuangan yang teratur, dan pengaturan organisasi perburuhan yang lebih baik.  selain itu, UMKM berpotensi meningkatkan produktivitas di saat perekonomian terpuruk dan menjadi pendorong pertumbuhan output UMKM. Pemerintah telah mencanangkan tahun industri kreatif untuk mendukung kebijakan pengembangan industri kreatif, yang diyakini sebagai industri penggerak sektor riil. 

Peran UMKM dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat 

     Menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah prioritas utama UMKM. Selain itu, UMKM mempunyai potensi untuk meningkatkan efisiensi produksi dan kualitas produk serta taraf hidup masyarakat luas. 

Program Pemetaan Pemberdayaan UMKM 

     Implementasi program UMKM di Indonesia telah selesai, dengan 64 program dan kegiatan dilaksanakan di 22 K/L. Mayoritas program pemberdayaan tersebut dilaksanakan dengan penekanan pada pengembangan dan perlunya akses UMKM terhadap sumber mitigasi yang sebagian besar berasal dari perbankan dan lembaga keuangan, serta keselarasan UMKM dengan sasaran utama usaha mikro dan ultra mikro. 

     Menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan meningkatkan kesejahteraan, Usaha Mikro dan Kecil (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Aspek pengembangan UMKM meliputi struktur organisasi yang sehat dan sistem pengelolaan uang yang fleksibel. Program pemberdayaan UMKM yang dilaksanakan pemerintah bertujuan untuk memaksimalkan potensi sektor ini dalam hal pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan akses UMKM terhadap data sehari-hari. 

 

Referensi: 

https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24080/1/Mailizar,%20150604119,%20FEBI,%20IE,%20081210707411.pdf