Membangun hubungan dan koneksi dengan para profesional dan organisasi di bidang terkait sangatlah penting dan tidak dapat dihindari. Hal ini mungkin memudahkan anak muda untuk belajar lebih banyak tentang berbagai peluang karir yang tersedia dan mendapatkan dukungan dalam mencapai tujuan mereka. Selain itu, komitmen terhadap pendidikan dan pembelajaran sepanjang hayat berfungsi sebagai komponen kunci dalam menciptakan jalur karier yang positif. Seorang anak harus senantiasa menyesuaikan pemahaman dan perilakunya sesuai dengan pilihan dan perubahan jalur kariernya. Anak muda dapat membangun karir yang tidak memberikan kepuasan pribadi tetapi juga memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat dan lingkungan dengan kesadaran yang kuat akan nilai-nilai mereka, pengetahuan yang mendalam tentang peluang karir yang berdampak positif, dan komitmen untuk terus belajar dan berkembang. 

Lalu bagaimana Anak Muda dapat membangun kariernya? Dibawah ini akan diberikan 6 cara membangun karier yang berdampak positif: 

  1. Jangan mengeluh 

Dalam bekerja tentunya akan ada hal-hal yang membuat kita mengeluh setiap harinya, namun mengeluh berlebihan akan membuat pikiran jadi semakin berat dan dapat berujung stress. Maka dari itu sebisa mungkin kita sebagai anak muda zaman sekarang stop untuk mengeluh, karena jika kita tidak mengeluh, maka akan memancarkan sinar positif yang ada pada diri kita dan menjadi lebih semangat dalam bekerja. 

2. Proaktif 

Dalam bekerja, anak muda saat ini tidak mempunyai inisiatif untuk melakukan sesuatu, mereka hanya menunggu diminta melakukan sesuatu pekerjaan dari atasan saja. Maka dari itu sebagai anak muda harus selalu proaktif dalam menanyakan sebuah pekerjaannya, bertanya kepada atasan atau orang yang bekerja sama dengannya, seperti hal apa yang ingin dibantu dan belajar untuk mencoba hal baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. 

3. Tidak sungkan dalam memberikan ide dan masukan 

Selalu aktif dalam memberikan sebuah ide dan masukan di perusahaan tempat bekerja. Memikirkan hal yang kreatif guna untuk membangun dan memajukan perusahaan, jika ide ditolak oleh atasan, tidak perlu sedih atau menyesal karena dengan memberikan sebuah ide, atasan akan sangat menghargai ide atau masukan tersebut. Bekerja dalam suatu tim akan sangat diperlukan sebuah kerja sama.  

4. Terbuka untuk bekerja dengan siapa saja di mana saja 

Pekerja yang baik dan produktif akan siap untuk bekerja dengan berbagai macam tipe orang, dan siap diturunkan di berbagai proyek. Anak muda saat ini tentunya akan sangat humble jika bertemu dengan orang baru dan mereka harusnya tahu bagaimana cara menyikapi kliennya. 

5. Terus belajar dan mengasah kemampuan 

Sebagai anak muda, jangan pernah merasa jago dan pernah merasa bisa dalam melakukan suatu hal, teruslah belajar agar dapat memperbanyak ilmu pengetahuan dengan hal itu juga tentunya dapat mengembangkan pada diri sendiri. 

6. Meminta feedback 

Dalam bekerja, meminta feedback sangat diperlukan guna untuk meningkatkan dan mengupgrade diri agar dapat lebih baik lagi kedepannya.  

     Diatas merupakan beberapa cara agar dapat membangun karier secara positif di dalam pekerjaan, semoga anak muda saat ini dapat mengetahui hal-hal secara garis besar diatas, jika belum maka sering seringlah membaca artikel atau bertanya kepada teman dan orang sekitarnya agar lebih memahami. 

     Artikel di atas membahas mengenai pentingnya mengembangkan hubungan dengan para profesional dan organisasi terkait ketika mencari peluang karir yang positif. Seorang anak harus berkonsentrasi pada pembelajaran jangka panjang dan pembelajaran jangka pendek. Untuk menciptakan jalur karier yang positif, mereka dapat mengikuti beberapa langkah: memulai dari yang kecil, proaktif, berbagi ide, terbuka untuk bekerja dengan orang lain, terus belajar, dan meminta masukan. Oleh karena itu, mereka berharap bisa sukses dalam kariernya. 

 

Referensi 

https://rencanamu.id/post/inspirasi/12-rahasia-sukses-dalam-karier-untuk-anak-muda-berdasarkan-pengalaman-profesional-