Teknologi digital telah menciptakan beberapa peluang untuk perjalanan yang berhubungan dengan pekerjaan. Tidak hanya itu, lingkungan kerja yang lebih mudah dan lingkungan kerja yang lebih fleksibel juga menjadi faktor penting dalam membuat pekerjaan menjadi lebih menyenangkan. Oleh karena itu, pekerjaan ini dapat memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menyesuaikan ritme kerjanya. 

     Lalu bagaimana inovasi dalam dunia bisnis, khususnya di era digital, dapat menjadi pendorong utama upah buruh yang adil? Berikut ini inti penjelasannya: 

  1. Membangun Bisnis online 

Mengembangkan website atau platform sebagai panduan transaksi produk secara online. Karena potensi e-commerce yang besar di Indonesia, penjualan online merupakan salah satu contoh terbaik bisnis digital. Dengan membangun bisnis secara online maka akan menciptakan pekerjaan yang layak seperti menjadi bagian dari Social media Spesialist, Digital Marketing, dan masih banyak lagi. 

2. Mencoba Bisnis Dropship 

Bisnis ini merupakan salah satu ide bisnis digital yang dapat di coba, karena dengan bisnis ini tentunya akan memungkinkan Anda untuk menjual suatu produk tanpa memikirkan Gudang dan pengiriman barang. Tugas dari Dropshipper ini yaitu sebagai penghubung antara penjual dan pembeli barang. 

3. Menulis Konten Digital 

Menulis konten digital tentunya akan menghasilkan banyak uang untuk era digital saat ini. Banyak sekali media website yang bersedia untuk membayar jika konten yang ditulis di media berkualitas dan menarik. 

4. Menjual Produk Digital 

Produk digital merupakan sebuah produk yang dijual tidak memiliki bentuk fisik, misalnya menjual karya digital. Karya digital ini dapat dijual di media website Anda sendiri.  

     Hal diatas merupakan sebuah inovasi bisnis yang dapat di coba untuk menciptakan peluang pekerjaan yang layak pada era digital dan tentunya tidak hanya 4 poin diatas, masih banyak lagi inovasi bisnis lainnya yang dapat menciptakan peluang pekerjaan yang layak. Semua bergantung pada diri kita sendiri, bagaiamana kita dapat berpikir secara kreatif untuk menciptakan sebuah pekerjaan yang baru dan unik agar disegani oleh customer di era digital ini. 

     Teknologi telah menciptakan peluang baru di tempat kerja sekaligus menciptakan lingkungan kerja yang lebih fleksibel dan menarik. Inovasi dalam bisnis, khususnya di era digital, dapat menjadi kekuatan pendorong pengambilan keputusan yang tepat. Beberapa ide yang bisa diterapkan antara lain membuat bisnis online, menekuni bisnis dropship, menyelenggarakan konten digital, dan menjual barang digital. Semuanya merupakan cara kreatif untuk mengembangkan karya yang sesuai di era digital yang terus berkembang. 

 

Referensi 

https://www.niagahoster.co.id/blog/bisnis-digital/