Di Era Industri 4.0, teknologi komunikasi dan informasi sangatlah penting. Digitalisasi dianggap sebagai faktor penting dalam mencapai daya saing global. Pemerintah juga menyadari pentingnya mengembangkan dan memajukan infrastruktur digital. Infrastruktur digital mengacu pada jaringan teknologi informasi dan komunikasi yang menghubungkan orang, organisasi, dan institusi di seluruh dunia. Selanjutnya, pengembangan infrastruktur digital mengacu pada teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi waktu tunggu, dan memfasilitasi berbagai tugas ekonomi dan aktivitas digital. Contoh infrastruktur digital yang paling tangguh adalah jaringan backbone, data center, dan cloud computing  

     Di era digital saat ini, keadaan infrastruktur digital menjadi semakin penting karena hampir seluruh aspek kehidupan sehari-hari bergantung pada teknologi digital. Di Indonesia, pemerintah memprioritaskan pembangunan infrastruktur digital untuk mendukung perekonomian negara dan kesejahteraan umum. Pandemi Covid-19 merupakan masa transformasi digital yang membatasi kemampuan masyarakat untuk belajar dan berkomunikasi, serta menghambat penggunaan teknologi di banyak bidang kehidupan sehari-hari. Selain itu, pandemi mempengaruhi aktivitas sehari-hari, kebiasaan kerja, pembelajaran, dan transaksi internet. Hal ini menyebabkan peningkatan populasi global karena meningkatnya penggunaan internet untuk keperluan pribadi. Pandemi Covid-19 telah menunjukkan pentingnya peran dan ketersediaan infrastruktur digital. Selain digitalisasi Indonesia yang semakin pesat, juga harus ada infrastruktur nasional yang mampu mendukungnya. Hal ini penting untuk memperkuat landasan perekonomian dan mendukung proyek pembangunan jangka panjang. Padahal digitalisasi di Indonesia mempunyai tantangan tertentu. 

     Dalam beberapa tahun ke depan, infrastruktur digital di Indonesia akan menjadi isu yang semakin penting. Hal ini disebabkan oleh perlambatan perekonomian dan meningkatnya ketergantungan masyarakat terhadap teknologi digital. Salah satu tujuan Suistanable development Goals (SDG’s)  adalah mengurangi kemiskinan, memperkuat hak asasi manusia, dan meningkatkan kohesi sosial sebagai dampak dari Revolusi Industri 4.0. Namun, masih banyak orang yang memiliki akses terbatas, atau mungkin tidak sama sekali, terhadap teknologi yang dikenal dengan kemiskinan digital. 

     Dalam beberapa tahun terakhir, infrastruktur digital di Indonesia menjadi semakin penting,  karena semakin besarnya ketergantungan perekonomian terhadap teknologi digital. Meskipun terdapat kemajuan yang signifikan dalam infrastruktur digital dengan meningkatnya akses internet, masih terdapat tantangan dalam kesadaran digital, seperti menurunnya literasi digital dan tidak stabilnya akses terhadap infrastruktur TIK. Namun kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat umum dapat mengatasi tantangan ini dan meningkatkan kesadaran digital di Indonesia. 

     Infrastruktur digital juga berpotensi meningkatkan kemajuan ekonomi dan sosial masyarakat melalui promosi e-commerce, pembangunan infrastruktur, dan penggunaan uang elektronik. Peningkatan pendidikan di bidang TIK, berbagai pihak berkolaborasi ekonomi yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia, serta pembangunan infrastruktur digital yang ramah lingkungan, berkelanjutan, dan erat. 

    Infrastruktur digital krusial dalam Era Industri 4.0, menjadi landasan bagi daya saing global dan pertumbuhan ekonomi. Di Indonesia, pembangunan infrastruktur digital menjadi prioritas pemerintah, terutama dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19. Meskipun tantangan seperti kemiskinan digital masih ada, kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dapat mengatasi hambatan tersebut. Infrastruktur digital memiliki potensi besar untuk meningkatkan kemajuan ekonomi, mempromosikan e-commerce, dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan. 

 

Referensi 

https://www.researchgate.net/publication/371562945_INFRASTRUKTUR_DIGITAL_INDONESIA_MENINGKATKAN_PERTUMBUHAN_EKONOMI_DAN_KESEJAHTERAAN_MASYARAKAT