Mahasiswa yang sudah mendapat teori yang disampaikan oleh dosen di kelas, atau mengikuti matakuliah yang berhubungan dengan ide bisnis, adakalanya belum mendapat ide bisnis sampai matakuliah tersebut selesai.

Bagi mahasiswa dari keluarga yang berbisnis, harusnya tidak kesulitas untuk mencari ide bisnis, dengan cara meneruskan bisnis keluarganya dengan cara mengembangkan secata kreatif bidang-bidang yang dianggap belum berkembang, misalnya dalam bidang marketing, tentu setiap Perusahaan ingin terus mengembangkan perusahaannya dengan cara mengembangkan bidang marketing dengan mengembangkan atau membuat media social sebagai media untuk meningkatkan brand dan atau promosi produknya.

Bagi Mahasiswa yang tidak mempunyai latar belakang keluarganya dari pebisnis, bisa dimulai dari menganalisa pengalaman diri sendiri pada saat belanja keperluan pribadinya, dengan membuat daftar belanja setiap bulan membeli apa saja. Sekarang pola pikirnya dirubah tidak hanya sebagai konsumen namun mencoba dirinya sebagai produsen atau sebagi penjual.

Banyak sekali jenis usaha baik secara offline atau online dengan berbagai media marketplace dan media social tidak ada alasan bagi mahasiwa untuk segera memulai bisnis dengan modal terbatas.

Sumber : https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/bisnis/bisnis-untuk-mahasiswa

Semangat atau spirit yang harus dipahami dan dimilki oleh mahasiwa yaitu spirit untuk lebih cepat mandiri dari orangtuanya, sehingga dalam menjalankan kuliah akan lebih semangat untuk mencari secara terus menerus ide bisnis dan mau mencoba menjalankannya.