Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat , menyediakan fasilitas Balai Pendidikan dan Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil untuk tempat Pengembangan Koperasi dan usaha Kecil seluruh Jawa Barat. Selain pelaksanaan pelatihan secara offiline juga Balai KUK melakukan inovasi pelatihan secara online, untuk branding dan sosialisasi program Balai Koperasi Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat ke seluruh Dinas Kota dan Kabupaten khususnya, serta Koperasi dan UMKM pada umunya. Acara di kemas dalam bentuk Web Series dengan Brand WARKOP, acara perdana dengan Tema BUSINESS PLAN.

   Mahasiswa dan dosen yang berminat  untuk mencari data dan peluang kerjasama dengan UMKM di Jawa Barat dalam mengembangkan bisnis dapat mengunjungi website Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat. Untuk pengembangan sumberdaya manusia UMKM di Jawa Barat, Dinis KUK menyediakan Lembaga pelatihan yaitu UPTD Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian dan Wirausaha yang beralamat di Jl. Soekarno Hatta KM.11 No.708 Kelurahan Babakan Penghulu Kecamatan Cinambo Kota Bandung.

     Beberapa tujuan dari Pendidikan dan pelatihan bidang Koperasi yaitu meningkatkan kemampuan Pengelolaan koperasi dalam bidang akuntansi dan Keuangan. Meningkatkan pemahaman terhadap ketentuan/peraturan dan kebijakan perkoperasian serta kemanfaatanya bagi masyarakat (seminar). Meningkatkan kinerja koperasi melalui digitalisasi koperasi. Uji kompentensi koperasi bersertifikat ( Manajer,kasir,juru buku ).  Sedangkan tujuan Pendidikan dan Pelatihan Bidang Kewirausahaan yaitu meningkatkan minat berwirausaha dan upaya pengembangan mindset/pola pikir kewirausahaan yang lebih kreatif dan inovatif. Meningkatkan pemahaman tentang manfaat perizinan, Branding dan HAKI. Mengembangkan strategi pemasaran di era 4.0 (Online dan Offline). Meningkatkan ilmu branding melalui penggunaan aplikasi desain by Canva.