Disusun oleh: Thessalonica D.L (NIM 2602074274) 

 

 

Referensi gambar diambil dari situs https://www.instagram.com/p/CaglZNnvC-m/?igshid=YmMyMTA2M2Y= 

Semenjak pandemi berlangsung, semakin banyak bisnis yang muncul di permukaan. Tak dipungkiri salah satunya merupakan Bisnis Gift Box, yang sedang beken akhir-akhir ini. Disaat orang banyak mobilitasnya dibatasi karena protokol kesehatan, mereka tetap dapat menjalin tali silahturami, baik kepada sanak saudara, kerabat, partner kerja, dan lain sebagainya dengan kado ini sebagai solusi. Bisnis Gift Box ini juga dapat menjadi ide dalam memberi hadiah pada hari-hari penting, layaknya ulang tahun, bridal shower, yang tentu akan menjadi memorable karena hadiah yang tidak biasa dan unik.  

Dengan modal yang tidak begitu besar, Bisnis Gift Box dapat dilakukan oleh siapapun tanpa diperlukan background yang sesuai. Bisnis ini juga tidak terlalu berpaku pada ide-ide yang keras, layaknya bisnis lain yang perlu usaha lebih agar tidak tertinggal kompetitor. Anda dapat masuk ke market kapan saja dan dimana saja, asal dengan perencanaan yang matang. Dapat mulai diperhatikan dengan apa yang membuat bisnis kita beda dengan yang lainnya, seperti pada segmentasi pasarnya. Rata-rata, pemiliki bisnis Gift Box membuat produk mereka pada occasion tertentu.  Seperti, ada yang ditujukan khusus untuk anniversary, dan maka dari itu yang menjadi ciri khas mereka yakni Gift Box yang berbau romantis dan bewarna pink dan merah. Ada juga yang berfokus pada ulang tahun saja, maka dari itu mereka memiliki ciri khas yang bewarna-warni dan meriah. Dengan ada target pasar tertentu, Bisnis Gift Box yg dimiliki dapat lebih mudah menjangkau ke pembeli yang spesifik. Selain itu, peletakan barang juga sangat berpengaruh. Yang menjadi poin plus dalam Bisnis Gift Box ini adalah nilai estetika, dimana hadiah yang diterima sedap dipandang mata. Meskipun dengan modal yang kecil ataupun barang yang sedikit sekalipun, Gift Box akan bernilai tinggi bila peletakan barangnya sesuai dan isi didalamnya terlihat penuh dan juga sesuai ekspetasi. Bisnis Gift Box juga dapat meraup keuntungan yang tinggi, apabila pemilihan barang dan suppliernya sesuai. Tidak semua komponen dalam Gift Box bisa diproduksi sendiri, dan biasanya juga membutuhkan bantuan eksternal dari produsen lain. Pemilihan kotak hadiah, pita, isi barang yang ditawarkan dalam Gift Box, surat-surat ataupun komponen tambahan lainnya, apabila kita menemukan supplier yang tepat dengan harga yang ramah dan sesuai dengan kualitas, Gift Box tersebut dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi, dan otomatis penjualan yang didapatkan pun melejit. 

Dari berbagai peluang diatas, Anda yakin tidak tertarik dalam membangun Bisnis Gift Box? Dalam setiap usaha memang akan selalu ada kompetitor, namun bila Anda benar-benar memperhatikan setiap detail perencanaan dan eksekusi dengan matang, yakinlah bahwa bisnis yang Anda mulai sedikit demi sedikit dapat berhasil. Trust the process! 

 

Beberapa sumber referensi artikel diambil dari situs https://www.kompasiana.com/amp/movanovianggiesupriyanto/605b32ebd541df1b6d689f53/ngapain-sih-bisnis-giftbox