Untuk membangun sebuah bisnis, kita terkadang bingung harus mulai dari mana. Mulai dari ide, channel, marketing, hingga pada kasus kali ini, produksi. Proses produksi yang dimulai dari bahan-bahan baku ataupun mentah mungkin menjadi langkah yang tidak begitu sulit bagi para pengrajin, designer, juga product developer. Namun, hal ini ternyata tidak cocok bagi semua calon pembisnis. Tidak semua orang rela untuk menghabiskan waktunya dalam proses pengembangan produk terlebih dahulu, entah itu karena keterbatasan ide, keterbatasan modal, maupun keterbatasan sumber daya. Bagi para calon pembisnis yang mengalami masalah yang sama, mungkin inilah saatnya dimana Anda harus berkenalan dengan sistem White Label. 

 

Mengutip dari blog Shopify.com, White Label merupakan sistem bisnis dimana kita menjual produk-produk yang diproduksi secara massal oleh orang lain. Yang menjadikan sistem bisnis ini berbeda dari sistem lainnya adalah dimana kita sebagai penjual dapat secara bebas “mengaku” bahwa produk tersebut merupakan brand dari bisnis kita sendiri. Maka secara singkat, White Label dapat diartikan sebagai produk tidak bermerk yang diproduksi oleh pihak lain, yang kemudian kita beri merk sendiri sehingga nilai jualnya dapat bertambah. 

 

 

Sumber: https://www.printful.com/white-label-products 

Produk-produk White Label sebenarnya sangat mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari, namun kita seringkali tidak menyadarinya. Kita dapat menjual produk tersebut dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada harga beli kita dari sang produsen aslinya, cukup dengan hanya menempelkan brand kita pada produk tersebut. Rahasia di balik trik ini sebenarnya cukup sederhana, dimana kita sebagai perpanjangan tangan produsen asli dapat memberikan pelayanan khusus yang lebih menarik bagi para konsumen. Contoh nyatanya adalah dengan mengemas ulang produk dengan kemasan yang lebih menarik, atau dengan memberikan layanan customer service baik sebelum ataupun sesudah transaksi diberlakukan. Hal ini akan otomatis membuat produk tersebut bertambah value di mata para konsumen. 

 

Apabila kita bandingkan dengan produk produksi sendiri, produk White Label memiliki beberapa keunggulan. Proses manufaktur mandiri tentunya akan memakan lebih banyak modal, waktu, skill, dan sumber daya. Sedangkan di sisi lain, produk White Label dapat meringankan kita terhadap masalah-masalah tersebut. Hal ini menjadikan kita sebagai pemiliki bisnis untuk dapat lebih berfokus pada penjualan dan pemasaran, bukan pada tahap produksi. Dengan sistem ini, pada dasarnya kita hanya memodifikasi produk yang sudah ada. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa sistem ini mungkin akan cocok bagi para bisnis kecil, mengingat terdapatnya keterbatasan bagi mereka dalam hal produksi. 

 

Namun, menjual produk White Label juga tidak akan semulus kenyataannya. Banyak tantangan dan juga hambatan yang harus dikaji terlebih dahulu. Salah satu kelemahannya adalah produk menjadi pasaran. Tidak dapat dipungkiri bahwa konsumen sangat amat mampu untuk menemukan produk serupa dari brand dan seller yang berbeda. Hal ini pun akan berdampak kepada aspek yang selanjutnya, yakni harga jual. Apabila kita meraup keuntungan yang terlalu besar, maka kita pun akan otomatis terkalahkan oleh brand lain yang jelas-jelas menjual produk yang sama. Maka dari itu, untuk memasuki pasar ini dapat dikatakan cukup sulit karena ketatnya persaingan yang ada. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terlepas dari kekurangannya di atas, produk-produk White Label kini sudah sangat merajalela. Contoh produk White Label yang dapat kita temui di pasaran adalah seperti kosmetik, tumbler air minum, pakaian, casing handphone, peralatan rumah tangga, tote bag, hingga produk-produk yang mengatasnamakan brand super/minimarket yang dijual di sana. Banyaknya variasi produk White Label ini pun pada akhirnya dapat membuka peluang bisnis yang baru, tentunya harus disertai dengan strategi yang matang. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda menjadi tertarik untuk menjual produk White Label sebagai bisnis Anda? 

 

 

Sumber: 

https://www.shopify.com/id/blog/white-label-products 

https://store.sirclo.com/blog/white-label/ 

https://columbinelabel.com/how-to-succeed-in-the-world-of-white-label-private-label/ 

https://www.investopedia.com/terms/w/white-label-product.asp