Nama : Muhammad Alfath Hafidz Ramadhan 

NIM : 2602203711 

 

 

 

Bisnis ekspor memiliki peluang yang cukup menjanjikan, seperti saat ini mungkin banyak orang yang masih sangat awam dengan bisnis ini, padahal peluang bisnis ini sangat besar untuk kita bisa jalani. Berbagai produk lokal yang berkualitas kini sudah bisa tembus ke pasar internasional, kini ekspor bisa dilakukan dengan menggunakan jaringan dari berbagai aplikasi atau media sosial untuk mengekspor komoditas atau produk tertentu. Buyer yang kita cari tidak hanya dari dalam negeri tetapi dari luar negeri. Potensi untuk produk yang kita akan jual sangat besar karena permintaan di pasar internasional sudah pastinya bisa sampai satu kontainer. 

Kualitas komoditas dari Indonesia juga tidak kalah dengan kualitas negara lain, bahkan kualiatas komoditas dari Indonesia sudah diakui oleh banyak negara. ”Ini adalah kabar baik untuk para pelaku usaha di Indonesia, artinya Indonesia sudah dilirik oleh negara lain sebagai pemasok produk di negara mereka,” kata julio dalam keterangan di Jakarta, Jumat (16/9/2022). Ini adalah momentum bagi pemuda Indonesia untuk bisa terjun kedalam bisnis ekspor ini, karena ekspor menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian. 

Kita bisa lihat dari foto ini ekspor non migas dari Indonesia senilai USD 26,19 miliar atau setara dengan 392,8 triliun perbulan. Ini potensi belum maksimal, sangat mengerikan jika anak muda bisa ikut terjun kedalam bisnis ini. Nilai ini masih di dominasi oleh perusahaan besar, bayangkan jika ada 1 juta anak muda dari Indonesia ekspor tiap bulan (1 kontainer nilainya 250 juta kurang lebih) kita bisa ikut berkontribusi untuk negara senilai 250 triliun perbulan. Jadi potensi sudah pasti sangat besar. Seperti yang kita ketahui banyak petani yang masih tidak bisa menjualkan produknya, kenapa kita tidak memanfaatkan peluang ini seharusnya kita bisa bantu mengolah dan mempasarkan ke pasar internasional. Global trade makin menggila, perdagangan antar negara makin terbuka di era saat ini. Kita jangan sampai ketinggalan, yang bisa ambil peluang adalah mereka yang siap. 

 

Sumber referensi artikel : https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/09/16/catat-ekspor-tertinggi-produk-indonesia-disebut-sudah-diminati-dunia-internasional