Reyhan Shan Atmadja (2602065875) 

 

 

 

Jumlah perkembangan perusahaan startup yang terdapat di Indonesia ternyata masuk lima besar dunia, tetapi secara keseluruhan pertumbuhan wirausahawan/entrepreneur di Indonesia masih kalah dengan negara – negara ASEAN seperti Singapura, Malaysia, dan juga Thailand. Kata Erick Thohir “Kita ini top five jumlah startup terbanyak di dunia.” 

Menurut data yang dipegang oleh menteri BUMN, Indonesia berhasil menempati posisi kelima di bawah negara Amerika Serikat yang memiliki 66.806 perusahaan startup, negara India yang memiliki 9.349 perusahaan startup, Inggris yang memiliki 5.548 perusahaan startup, Kanada yang memiliki 2.850 perusahaan startup, dan Indonesia yang memiliki 2.219 perusahaan startup. 

Sayangnya laju pertumbuhan kewirausahaan di dalam negeri Indonesia masih tertinggal jauh dengan negara – negara saudaranya yang berada di ASEAN. Erick menjelaskan, bahwa rata-rata negara – negara maju memiliki tingkat entrepreneurship mencapai 14%, sementara Indonesia hanya mencapai 3,47%. Jika dihitung dari angka persentase, Singapura memiliki tingkat entrepreneurship mencapai 8,76%, Malaysia memiliki tingkat entrepreneurship mencapai 4,74%, Thailand memiliki tingkat entrepreneurship mencapai 4,26%, dan Indonesia hanya memiliki tingkat entrepreneurship mencapai 3,47%. 

“Kalau dilihat dari rata-rata entrepreneurship atau kewirausahaan di Indonesia itu masih tertinggal jauh dengan negara Asia tertinggal, kitab isa melihat bagaimana Thailand, Singapura, dan Malaysia itu sangat maju,” ujar Erick. “Tapi jika kita bandingkan dengan negara – negara besar dunia itu akan lebih jauh lagi.” 

Untuk itu Erick menyarankan agar Indonesia ada gerakan pembaharuan dan inovasi – inovasi baru bagi pelaku usaha di sektor teknologi. Terkait pengembangan dunia digitalisasi yang merupakan hal penting untuk mendorong dunia entrepreneurship di Indonesia. “Ketika diadu, pasti persaingan ini, di era keterbukaan itu sangat transparan dan itu jelas terlihat. Berarti ada perubahan standarisasi yang terjadi di kalangan pengusaha muda bahwa kita harus terus bersaing”, demikian Erick Thohir. 

Sumber referensi : https://www.rmoljabar.id/pertumbuhan-wirausahawan-indonesia-masih-rendah-meski-jumlah-startup-terbesar-ke-5-dunia