ARIFAH SYAHLA KHUMAIRAH RENDRA 

2602198453 

 

 

 

Bisnis frozen food menjadi salah satu bisnis yang seiring berjalannya waktu terus mengalami perkembangan, Faktor utamanya adalah karena semakin lama mayoritas masyarakat menginginkan segala sesuatu yang praktis, seperti hal dalam memilih makanan. terlebih jika orang tersebut memiliki kesibukan yang padat. 

Frozen food sendiri merupakan sebuah makanan yang dalam prosesnya mengalami pembekuan, adapun pembekuan tersebut bertujuan untuk mengawetkan makanan hingga nantinya siap untuk dikonsumsi. Frozen food sendiri bukanlah hal yang terbilang baru bagi masyarakat yang sejak dahulu sudah mengenal beberapa makanan seperti kentang atau nugget yang memang biasanya dipasarkan & disimpan beku sebelum disajikan.  

Memiliki usaha frozen food dimasa pandemi ini bisa terbilang sangat menjanjikan dan dipastikan dapat meraup keuntungan yang besar bila dikelola dengan baik karena masa pandemi ini mengharuskan masyarakat untuk tidak sering-sering keluar rumah sehingga mereka membutuhkan makanan yang tahan lama dan juga praktis guna mengurangi intensitas mereka untuk berpergian keluar hanya sekedar untuk mencari makan. Usaha frozen food bisa terbilang cukup mudah jika Anda tidak ingin repot untuk mengestok barang karena Anda hanya perlu mencari supplier frozen food, menjualnya dengan menggunakan sistem dropship dan memasarkannya dengan memanfaatkan sosial media, Oleh karena itu mudahnya pengolahan frozen food ini yang dapat dipastikan bahwa permintaannya akan terus meningkat sehingga menjadikan usaha frozen food ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Meskipun terbilang cukup mudah, tentu saja Anda tidak bisa asal terlebih jika Anda tidak melakukan perisapan yang matang. 

Apabila Anda tertarik untuk memulai bisnis frozen food, berikut beberapa tips yang wajib Anda ketahui, diantaranya : 

  1. Melakukan riset terlebih dahulu. 

Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu terkait bahan baku yang akan digunakan, bagaimana cara pengolahan, penyimpanan, pemasarannya dan tidak lupa mengenai modal yang perlu disiapkan. Adapun, jika Anda ingin mengawalinya dengan menjadi reseller, Anda harus memilih produsen yang memiliki produk yang berkualitas dan terpecaya. 

  1. Memiliki peralatan untuk menyimpan produk frozen food. 

Penyimpanan yang kurang baik akan menyebabkan produk menjadi cepat busuk yang bisa menyebabkan kerugian karena tidak bisa dijual kembali. Dikarenakan tiap jenis makanan beku memiliki jangka waktu penyimpanan yang berbeda-beda, Anda perlu mengetahui daya tahan makanan yang akan Anda jual untuk disimpan di dalam freezer. 

  1. Menentukan target pasar & mempelajari saingan. 

Menentukan targer pasar secara spesifik dengan analisa yang tepat mengenai target pasar merupakan kunci bagaimana nantinya kamu akan menentukan harga jualnya dan strategi marketingnya, dikarenakan begitu luasnya pangsa frozen food kita harus bisa bersaing secara sehat dengan kompetitor lainnya. 

Cukup sekian mengenai pembahasan mengenai usaha frozen food ini. Jika anda memiliki niat dan usaha yang kuat, anda pasti bisa menjalankannya dengan baik. 

 

 

REFERENSI : 

  • https://majoo.id/solusi/detail/bisnis-frozen-food 
  • https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/06/25/202907/peluang-bisnis-frozen-food-di-masa-pandemi-yang-sangat-menjanjikan 
  • https://www.qoala.app/id/blog/inspirasi/tips-bisnis-frozen-food-rumahan-untuk-pemula/ 
  • https://blog.skillacademy.com/bisnis-frozen-food