Article business 

Naufal Yazid,2602178395 

 

Di era digital ini, perkembangan zaman semakin maju dalam berbagai bidang. Sehingga memunculkan banyak dampak pada kehidupan masyarakat baik itu dampak positif dan juga negative. Beberapa dampak positif dari fenomena ini juga dirasakan oleh masyarakat seperti memudahkan komunikasi, memudahkan mencari informasi, memudahkan mobilitas dll. Akan tetapi dengan pekembangan zaman yang begitu pesat juga menimbulkan banyak permasalahan di dalam masyarakat, maka dari itu salah satu solusi dalam permasalahan terebut yaitu mendirikan sebuah bisnis. Bisnis dapat menjadi sebuah jalan untuk menyelasaikan masalah, bisnis juga dapat menjadi sebuah perubahan sosial dan juga dapat merubah situasi. Bisnis yang mampu mengubah sebuah kondisi adalah bisnis sosial yang lebih mengutamakan manfaat yang diberikan kepada masyarakat. 

 

  1. Apa itu social enterprise 

Social enterprise atau bisa dibilang bisnis sosial adalah sebuah usaha yang dibangun dengan tujuan untuk mengatasi sebuah masalah sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat, akan tetapi juga memperhatikan keuntungan atau profit yang dihasilkan dari usaha tersebut. Berbeda dengan bisnis pada umumnya, tujuan bisnis sosial ini adalah bagaimana bisnis ini bisa memberikan sebuah impact atau dampak sosial pada masyarakat itu sendiri dari keuntungan yang dihasilkan itu untuk membangun kesejahteraan masyarakat. Dengan menjalankan bisnis ini kita dapat memberikan dampak positif pada lingkungan dan juga sosial. 

 

Maksud dari gambar diatas itu menjelaskan bahwa usaha sosial itu lahir dari adanya dorongan sosial atau dari lingkungan (eksternal), bukan dari seorang individu yang mempunyai ide dan bekerjasama antar pihak pihak yang terkait. 

  1. Apa itu sociopreneurship 

Entrepreneur atau sebutan untuk seorang pengusaha yang mempunyai ide untuk membangun sebuah bisnis, dengan harapan ide tersebut dapat diwujudkan. Entrepreneur mengutamakan sebuah bisnis, ide menjadi hal yang penting, misi adalah nilai yang mendasari entrepreneur. Sedangkan sociopreneur adalah seorang pengusaha yang membangun usaha sosial dengan memperhatikan profit dan juga dampak dari lingkungan sosial. Jelas bahwa sociopreneur adalah mereka yang menjalankan usaha sosial dengan nilai nilai sosial yang menjadi landasan untuk menjalankan bisnis tersebut.  

  1. Cara bisnis sosial mendapatkan pemasukan 

Sama seperti bisnis pada umumnya, bisnis sosial juga mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produk/ jasa. Dan dalam bisnis pada umunya, keuntungan akan dirasakan oleh pemilik perusahaan saja akan tetapi dalam bisnis sosial ini keuntungan dari hasil penjualan tersebut akan dirasakan oleh semua pihak yang berkecimpung di dalamnya. Beberapa seumber pemasukan bisnis sosial: 

  • Mengajukan hibah 
  • Sponsor atau donasi 
  • Crowdfunding 
  • Menjual barang ke perusahaan lain 
  • Pinjaman atau investasi sosial 

 

  1. Dampak bisnis sosial 

Dari penjelasan diatas kita mengetahui bahwa bisnis sosial adalah sebuah bisnis yang dijalankan dengan tujuan untuk mengatasi masalah atau isu isu di lingkungan sosial akan tetapi bisnis ya tetap bisnis dengan memperhatikan keuntungan juga. Dengan adanya bisnis sosial ini menjadi sebuah Langkah untuk melakukan perubahan pada masyarakat, keberhasilan bisnis sosial itu bukan hanya dilihat dari seberapa besar keuntungan yang didapat tetapi juga dilihat dari dampak atau impact yang diberikan oleh perushaan itu kepada masyarakat. Dampak yang diberikan oleh bisnis ini selain bisa membantu menyelesaikan masalah sosial juga dapat menyejahterakan rakyat atau warga serta dengan mempekerjakan warga warga sekitar dapat menambah kemampuan agar menjadi SDM yang berkualitas. Salah satu contoh bisnis sosial, seperti pengrajin batik atau kain dengan menggunakan masyarakat sekitar sebagai sumber daya manusia. 

“It’s about creating a successful business that also connects supporters to something that matters to them and that has great impact in the world.” — Blake Mycoskie 

 

 

 

 

 

 

 

 

Referensi 

https://blog.skillacademy.com/apa-itu-bisnis-sosial#:~:text=Apa%20itu%20bisnis%20sosial%3F,untuk%20mendukung%20pencapaian%20tujuan%20tersebut. 

https://www.zurich.co.id/id-id/blog/articles/2017/02/bisnis-sosial-raup-keuntungan-sekaligus-majukan-lingkungan 

https://www.jurnal.id/id/blog/social-enterprise-di-indonesia/#Berkembangnya_Social_Enterprise_di_Indonesia