A.Muhammad Ilham Majduddin/2602192166 

Mengenal Porang Lebih Jauh 

Tanaman porang  merupakan jenis tanaman umbi umbian yang masih satu marga dengan tanaman walur dan suweg. Tak jarang, ada begitu banyak orang yang sering menganggapnya sama karena bentukan dan buah nya mirip jika dilihat sekilas. Potensi budidaya porang sendiri memang saat ini sangat menjanjikan mengingat banyaknya permintaan ekspor akan jenis tanaman porang sangatlah tinggi saat ini. 

Presiden Jokowi sendiri menegaskan bahwa sektor pertanian tanaman porang harus dikembangkan untuk menaik kan roda perekonomian masyarakat. Komoditas porang sendiri memiliki suatu potensi pengembangan yang sangat besar dan maju, tak kalah dengan komoditas pertanian lainya. Mengutip dari website Indonesia.go.id, Berdasarkan data Indonesia Quarantine Full Automation System (IQFAST) atau Badan Karantina Pertanian (Barantan), memberikan data semester pertama 2021, ekspor porang Indonesia mencapai angka 14,8 ribu ton,  angka ini melampaui jumlah ekspor semester pertama pada 2019 dengan jumlah 5,7 ribu ton, kenaikan ini menunjukkan bahwa aktivitas ekspor porang sebanyak 160 persen. 

Ketertarikan masyarakat akan menanam porang sudah dikembangkan di beberapa daerah indonesia contohnya, kabupaten di Bali. Salah satu basis pengembangan tanaman porang ada di Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng. Gede Budiana  yang merupakan sebagai pelaku bisnis dan petani di Desa Pucaksari mengatakan bahwa tanaman porang sendiri merupakan komoditas pertanian yang sangat menjanjikan. Tidak mengherankan bila para petani tertarik menanam tanaman porang ini. 

Pada tahun 2021, tanaman porang yang masih berbentuk umbi harga jual estimasi berkisaran antara Rp6.500 hingga Rp7.000 untuk setiap kilo. Namun, apabila sudah berbentuk tepung maka harga estimasi jualnya dapat lebih tinggi dan berkisar di angka Rp100.000 hingga Rp150.000 per kilogramnya. 

Potensi Perkembangan Bisnis Porang di Era digital  

Potensi bisnis porang dalam industri pangan tentu menguntungkan untuk dijadikan sebagai investasi bisnis kedepannya. Tanaman porang mempunyai prospek yang menjanjikan karena memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi . Selain itu, manfaat porang banyak sekali terutama untuk industri kimia dan kesehatan, hal ini terutama karena kandungan zat Glukomanan yang ada di dalamnya. Keuntungan tanaman porang antara lain adalah tidak memerlukan teknologi dan modal besar sebab dengan sekali menanam tidak perlu menanam bibit kembali. Di era yang serba digital ini para petani porang harus mampu untuk mengembangkan bisnis mereka secara online agar pemasaran terhadap bisnis mereka dapat berkembang, dan masyarakat juga bisa tau tentang bisnis mereka. 

Sumber referensi yang saya ambil 

https://dwijendranews.com/2021/09/17/porang-komoditas-pertanian-menjanjikan/ 

https://tanifund.com/blog/pertanian/budidaya-porang-potensi-bisnis