Muhammad Kurniawan Al Kautsar 

2602175140 

 

 

 

Ketika seseorang memutuskan untuk memulai membangun bisnis, tidak semua orang langsung mendapatkan hasil. Ada kalanya seorang pebisnis harus mengalami sebuah kegagalan, misalnya kebangkrutan ataupun gagal mengembalikan modal. Oleh karena itu, artikel ini mencoba memberikan tips agar seorang pebisnis dapat terhindar dari kegagalan dalam berbisnis 

 

Pertama, totalitas dalam berbisnis. Seringkali kegagalan yang dialami oleh seorang pebisnis  dikarenakan Ia tidak bersungguh-sungguh dalam menjalankan bisnis. Misalnya hanya sekadar iseng atau coba-coba. Oleh karena itu, penting bagi seorang pebisnis untuk bersungguh-sungguh dalam menjalankan bisnisnya.  

Kedua, memiliki rencana bisnis yang matang. Sebelum memulai bisnis kita perlu mengetahui atau memperjelas tujuan bisnis yang dibangun, contohnya strategi bisnis, produk atau layanan, rencana keuangan dan analisis pasar. Setelah memiliki rencana bisnis, hal yang perlu di perhatikan adalah mengevaluasi ulang rencana bisnis tersebut. Dengan begitu dapat mengurangi resiko terjadinya kegagalan   

Ketiga, menerima dan mendengarkan kritikan dari orang lain, hal ini dikarenakan orang lain melihat kekurangan dari bisnis kita, hal yang harus kita lakukan bukanlah marah, melainkan mendengarkan dengan baik apa yang orang kritik tersebut, jadikan sebuah pembelajaran agar bisnis kita kedepannya lebih baik. 

 

Dalam berbisnis tentu mungkin mengalami sebuah kegagalan, namun hal tersebut bukanlah langkang untuk mundur atau putus asa. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui tips menghindari kegagalan dalam berbisnis. 

 

Sumber : https://slideplayer.info/amp/11934927/ 

                https://warungpintar.co.id/blog/bisnis-plan-rincian-contoh/