Di masa pandemi seperti sekarang, tidak dipungkiri bahwa semakin tinggi nya minat masyarakat dalam berbelanja dan menjadikan fashion sebagai ide bisnis yang cukup menjanjikan untuk masa depan. Sebelum mulai membahas, yuk kita kenali dulu apa itu bisnis dalam dunia fashion.  

Pengertian Bisnis Fashion dapat diartikan sebagai bisnis yang bergerak dalam bidang busana atau pakaian yang digunakan sebagai kebutuhan pokok bagi manusia. Bisnis Fashion juga akan memberi keuntungan kepada pebisnis karena pakaian adalah kebutuhan setiap orang.  

sources : liputan6 

Ada banyak peluang bisnis dalam dunia fashion yang bisa menjadi jalan bagi kita untuk mendapatkan hasil atau uang dalam berbisnis di bidang fashion, beberapa contohnya adalah :  

  1. Fashion Designer  

Jika anda bisa menggambar dan merancang busana , fashion designer adalah pekerjaan yang tepat bagi anda dan merupakan bisnis yang akan cocok dengan anda. 

  1. Fashion Blogger  

Bisnis ini cocok dicoba untuk pemula yang tidak memiliki modal yang besar, hanya modal sosial media anda juga bisa membuka bisnis lewat Fashion blogger dengan memperkenalkan fashion-fashion terkini kepada masyarakat 

  1. Membuat Brand Sendiri 

Memiliki brand sendiri adalah mimpi dan keinginan rata-rata dari semua pengusaha bisnis fashion, namun hal ini butuh modal yang tidak sedikit karena harus menyewa designer, penjahit baju , dan lain-lain 

Dalam berbisnis di bidang fashion tidaklah mudah, salah satunya kita harus memiliki Business Plan. Dikutip dari Investopedia Business Plan adalah dokumen tertulis yang menjelaskan secara rinci bagaimana sebuah bisnis menentukan tujuannya dan bagaimana cara mencapai tujuannya.  

Dengan memfokuskan target pasar, mengikuti trend, kerja sama dengan artis atau influencer , membuat toko online , promosi adalah beberapa contoh business plan yang dapat kita lakukan saat berbisnis di bidang fashion ini. 

  • Memfokuskan target pasar  

Dalam berbisnis di dunia fashion memfokuskan target pasar hal yang cukup penting untuk dilakukan. Misalnya , target pasar anda adalah anak muda usia 15 tahun keatas, anda dapat menyesuaikan design apa yang cocok bagi usia tersebut.  

  • Mengikuti Trend 

Trend fashion sering berubah dari tahun ke tahun yang membuat pengusaha fashion harus bisa mengikuti trend yang ada di tahun tersebut. Trend fashion bisa dilihat dari internet , menghadiri fashion show , dan lain-lain 

  • Kerja Sama dengan Influencer 

Bekerja sama dengan artis atau influencer biasanya memiliki dampak yang bagus bagi pebisnis fashion. Bekerja sama dengan mereka juga memiliki banyak keuntungan bagi pengusaha yaitu masyarakat jadi mengetahui merk yang kita jual dan apa yang kita jual 

  • Promosi atau memberikan diskon / promo  

Hampir setiap orang pasti tertarik dengan diskon atau promosi yang menarik. Ini adalah salah satu strategi untuk seseorang tertarik pada produk yang dijual.  

 

Dalam berbisnis di dunia fashion pasti banyak tantangan dan rintangan yang harus dilakukan. Bisnis Fashion merupakan salah satu jenis bisnis yang banyak peminatnya dari segala kalangan karena bisnis ini bisa menjadi bisnis utama seseorang ataupun hanya sekedar bisnis sampingan. Fashion telah menjadi hal yang penting dalam masyarakat dan fashion juga mampu menjadi peluang yang besar did alam dunia berbisnis.