Para calon pengusaha dan pengusaha yang akan mengembangkan bisnisnya dapat mengukur pangsa pasar dengan TAM SAM SOM.

 

TAM merupakan akronim dari Total Addressable Market, yaitu total kemungkinan pasar untuk produk atau layanan perusahaan yang dapat diraih. TAM menggambarkan seluruh potensi pasar, tentunya hampir tidak mungkin perusahaan untuk menangkap seluruh potensi pasar. Maka kita dapat mengukur kembali dengan menggunakan SAM.

SAM merupakan akronim dari Serviceable Addressable Market. SAM adalah sub-pasar yang terbentuk dari berbagai perbedaan pasar yang dilihat dari aspek geografis, peraturan, atau harga/kualitas dalam TAM. Sebagai pemula, tentunya sangat tidak mungkin dapat menembus seluruh pasar sejak awal, maka SOM dapat melayani tujuan jangka pendek.

SOM merupakan akronim dari Serviceable Obtainable Market, adalah sub-sektor dari SAM. Pengukuran SOM lebih realistis karena dapat kita menargetkan pasar berdasarkan kapabilitas sumber daya yang ada, mempertimbangkan persaingan, dan tingkat kesadaran pasar mengenai produk/layanan.

 

Latihan:

Tentukanlah TAM, SAM dan SOM dari ide bisnis anda!

 

Sumber:

Chi, C. (2021, July 26). TAM SAM SOM: What Do They Mean & How Do You Calculate Them? Blog.Hubspot.Com. https://blog.hubspot.com/marketing/tam-sam-som