SCAMPER


SCAMPER adalah singkatan dari Substitute, Combine, Adapt, Modify, Put to another use, Eliminate, dan Rearrange. SCAMPER adalah sebuah metode kreatif untuk mengembangkan ide yang digunakan untuk merangsang pikiran kreatif dan membantu menghasilkan ide baru.
Setiap huruf dalam SCAMPER mewakili suatu tindakan yang dapat diambil untuk mengembangkan ide:
- Substitute: Mengganti atau mengubah satu elemen dengan elemen lain yang berbeda.
- Combine: Menggabungkan dua atau lebih elemen untuk membuat sesuatu yang baru.
- Adapt: Mengubah sesuatu agar sesuai dengan kebutuhan tertentu atau lingkungan yang berbeda.
- Modify: Mengubah beberapa bagian dari suatu ide atau objek.
- Put to another use: Menggunakan suatu ide atau objek untuk tujuan yang berbeda dari yang awalnya direncanakan.
- Eliminate: Menghilangkan bagian atau elemen tertentu dari suatu ide atau objek.
- Reverse: Mengubah urutan atau susunan elemen dalam suatu ide atau objek.
Dengan menggunakan teknik SCAMPER, kita dapat mengembangkan ide dengan cara mempertanyakan setiap elemen dari ide atau produk, kemudian mencoba mengaplikasikan setiap tindakan SCAMPER untuk setiap elemen tersebut. Ini membantu untuk menghasilkan variasi ide-ide baru dan meningkatkan kemampuan untuk berpikir kreatif.
Contoh Penerapan SCAMPER dalam Bisnis
Misalnya, Anda adalah pengusaha es krim. Berdasar pengamatan, Anda menemukan bahwa kesadaran masyarakat semakin tinggi akan kesehatan, sehingga sebagian besar dari mereka memperhatikan pola makan dan asupan gizi. Melihat situasi itu, Anda mencoba berinovasi untuk membuat varian es krim yang rendah karbohidrat dan kaya vitamin. Melalui metode SCAMPER, Anda bisa membuat beberapa alternatif pemikiran seperti:
- Substitute: Apakah susu almon dan kedelai bisa menggantikan susu sapi untuk membuat es krim?
- Combine: Apakah es krim almon/kedelai cocok dikombinasikan dengan roti seperti sandwich?
- Adapt: Apakah tekstur dan komposisi es krim sudah cocok dengan konsumen Anda atau sesuai dengan es krim pada umumnya?
- Modify: Apa saja varian rasa yang bisa diterima oleh konsumen? Apakah perlu menambahkan cita rasa tradisional seperti rasa es doger, cendol, atau es teler?
- Put to another use: Apakah es krim ini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan selain yang memperhatikan kesehatan? Apakah es krim ini bisa dijadikan cemilan diet?
- Eliminate: Apakah ada elemen yang perlu dihilangkan dari es krim ini? Misalkan menyederhanakan tampilan cup es krim.
- Reverse: Apakah urutan persentase resep es krim dapat diubah?
Latihan:
Diskusikan dan tentukan bagaimana kemungkinan penerapan SCAMPER pada ide bisnis atau bisnis anda yang sudah berjalan!
Source:
https://sis.binus.ac.id/2020/07/28/contoh-dan-penerapan-scamper-method/
Comments :