Business Model Canvas :

Business Model Canvas atau BMC merupakan sebuah strategi manajemen yang disusun untuk menjabarkan ide dan juga konsep sebuah bisnis ke dalam bentuk visual. Secara sederhana, definisi Business Model Canvas yaitu kerangka manajemen untuk mempermudah dalam melihat gambaran ide bisnis dan juga realisasinya secara cepat.

Ada 9 Elemen dalam Business Model Canvas

  1. Customer Segments (Segmentasi konsumen), membahas customer jobs, customer ustomer paingain, dan customer pain
  2. Value Proposition (Proposisi nilai konsumen), membahas keunggulan dan manfaat produk serta yang membedakan dari produk competitor.
  3. Channels (Saluran), membahas untuk menjangkau nasabah apakah menggunakan media social, website, dan lain sebagainya.
  4. Customer Relationship (Hubungan konsumen), membahas bagaimana berinteraksi dengan konsumen.
  5. Revenue Streams (Sumber pendapatan), membahas bagaimana strategi mendapatkan pendapatan bisnis untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.
  6. Key Resource (Sumber daya), membahas daftar sumber daya yang sebaiknya anda miliki untuk mewujudkan value proposition.
  7. Key Activities (Aktivitas yang dijalankan), yang menggambarkan mengenai semua aktivitas yang berkaitan dengan bisnis.
  8. Key Partnership (Kerja sama), membahas mengenai daftar sumber daya di luar perusahaan yang diperlukan untuk mencapai key activities dan juga untuk menyampaikan value ke pelanggan.
  9. Cost Structure (Struktur biaya), membahas bagaimana mengelola anggaran bisnis secara lebih efisien untuk meminimalisir risiko kerugian dan juga kondisi keuangan perusahaan yang tidak sehat.

Sebagai gambaran untuk lebih memahami BMC adalah :

Cara mudah membuat BMC adalah melakukan anlisis competitor, mengurutkan 9 elemen BMC dengan sistematis, dapat menghubungkan setiap eleman, fokus pada kondisi saat ini, dan senantiasa melakukan review sehingga dapat melakukan koreksi apabila terjadi kesalahan.

 

Latihan:

Buatlah BMC dari ide bisnis yang telah ditentukan!