Big data merupakan sekumpulan data dalam jumlah yang sangat besar kemudian diolah dengan sistem yang canggih sehingga menjadikan pengaturan menjadi lebih sistematis dan ringan. Di Indonesia sendiri big data telah mengalami banyak sekali perkembangan. Manfaat big data bukan hanya sebatas menyimpan data dan sebagainya. Namun, juga menjadi pengatur dan pengelola data.

Big data sendiri erat kaitannya dengan volume data yang besar baik yang terstruktur maupun tidak. Pada dasarnya dalam bisnis data tersebut ada setiap harinya. Yang harus dipikirkan adalah bukan seberapa banyak kuantitas data tersebut namun lebih ke arah pengelolaan data tersebut yang mana bisa bermanfaat untuk perkembangan bisnis.

Manfaat Big Data dalam Bisnis

  1. Membantu suatu perusahaan berhubungan dengan pelanggan

Penggunaan big data memiliki manfaat yang besar dalam hal ini. Seperti, mengerti bagaimana respon pelanggan terhadap produk yang dikeluarkan. Mampu mengetahui minat pelanggan terhadap produk. Dengan hal tersebut, perusahaan akan selalu melakukan berbagai perkembangan yang sesuai dengan kebutuhan kosumen.

  1. Memberikan strategi efektif dalam hal pemasaran

Penggunaan big data dalam strategi pemasaran, nyatanya mampu memberikan hasil yang akurat. Perusahaan dapat mengerti, bagaimana para konsumen membeli produk mereka, kemudian apa yang menjadi alasan utama mereka. Data tersebut mampu memberikan bantuan pada perusahaan untuk menerapkan strategi yang baik.

  1. Pengoptimalan media sosial

Salah satu manfaat dari big data, mampu mengetahui berbagai penilaian pelanggan terhadap produknya. Hal tersebut dengan cara mengoptimalkan fitur media sosial. Jadi, apabial terdapat pelanggan yang menyebuutkan atau menuliskan nama produk, maka perusahaan akan dengan mudah melakukan identifikasi.

  1. Mampu menarik perhatian dari pelanggan

Setiap perusahaan pasti berusaha untuk mengetahui tingkat kepuasan yang dimiliki oleh pelanggan mereka. Tingkat kepuasan tersebut tentu saja dapat diperoleh dengan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dengan menggunakan big data perusahaan bisa melakukan analisis untuk setiap pelanggan nya melalui data yang diterima.

  1. Penggunaan marketing dalam pemenuhan target bisnis

Penggunaan big data juga sangat berpengaruh terhadap cara marketing. Marketing bisa dilakukan secara digital. Hal tersebut tentunya akan membuat waktu menjadi lebih efektif dan bisa menghemat anggaran. Dengan big data, Anda mampu melihat kondisi pasar dalam waktu singkat, kemudian bisa mengetahui bagaimana kondisi pelanggan Anda. Kemudian hal yang tidak kalah penting adalah dampak yang ditimpulkan tidak besar.

Peran Big Data dalam Bisnis

Peran big data Indonesia ini penting dalam dunia bisnis karena memiliki sifat high-volume, high-variety, dan high velocity yang mana artinya data yang ada sangat melimpah, ragamnya sangat banyak, bisa didapatkan dengan cara real-time, dan banyak informasi yang akan didapatkan dari big data tersebut.

Peran big data dalam dunia bisnis ini adalah untuk memahami kondisi pasar. Kondisi pasar akan mudah berubah sewaktu-waktu sehingga dengan big data ini diharapkan mampu melihat perubahan tren pasar dengan cepat.  Hal yang membuat tren pasar ini berubah dikarenakan perilaku pembelian konsumen yang berubah. Dalam bisnis big data juga bisa untuk mengetahui produk yang paling banyak dijual dan bisa menghasilkan produk di masa depan yang sesuai dengan tren.

Big data berperan dalam pengontrol reputasi bisnis online yang dimiliki. Tools yang ada pada big data ini bisa melakukan analisis sentimen, sehingga pebisnis akan bisa melihat seberapa banyak umpan balik tentang siapa saja yang telah memberikan respons perusahaan.

Big data akan mampu mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan memberikan pelayanan terbaik kepada mereka. Dengan menggunakan big data ini perusahaan aka bisa meminimalkan keluhan dan komplain pelanggan.

Sumber :

  • Stekom
  • Soltius