Bisnis digital adalah pemanfaatan teknologi digital untuk menciptakan berbagai keunikan, mulai dari model bisnis hingga pengalaman pelanggan (customer experience). Bisnis digital juga melihat bagaimana perusahaan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kemampuan bisnis demi mendukung operasi bisnis yang berjalan.

Jenis – jenis Digital Bisnis

Jenis Marketplace

Marketplace sendiri adalah sebuah digital business dimana pemilik bisnis menyediakan wadah atau media untuk orang lain berjualan di platform tersebut. Artinya, produk yang dibuat dalam dalam bisnis jenis ini adalah sebuah platform online agar pembeli maupun penjual bisa belanja dengan aman dan nyaman.

Kebanyakan aplikasi marketplace punya lebih banyak fitur dibandingkan e-commerce. Sebab pemilik marketplace bisa fokus mengalokasikan modal yang ia miliki untuk mengembangkan platform terbaik tanpa harus memikirkan kualitas produk fisik.

Jenis E-Commerce

Jika bisnis model marketplace hanya menyiapkan platform untuk mempertemukan penjual dan pembeli, Digital Business jenis e-commerce ini menyediakan produk maupun sekaligus media khusus untuk menjual produk yang mereka buat.

Contohnya, perusahaan sabun mandi membuat sebuah website agar pembeli bisa memesan sabun mereka secara online di website tersebut. Atau contoh lainnya adalah restoran cepat saji yang membuat aplikasi khusus agar pelanggan bisa memesan makanan dari menu mereka lewat aplikasi tersebut secara online.

Jenis Bisnis Subscription

Bisnis yang memanfaatkan media digital jenis ini juga sebenarnya banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sebab ada banyak bisnis yang beroperasi dengan model subscription di dalam negeri seperti Netflix, Office, Amazon Prime, Disney+, Zoom, dan masih banyak lagi.

Model bisnis ini sangat mirip seperti jaman dulu, dimana kita berlangganan koran atau majalah untuk konten yang dikirim setiap minggu hingga setiap bulan.

Bedanya, kini konten tersebut bersifat digital dan bisa dinikmati secara online tanpa harus membawa produk fisiknya kemana-mana.

Jenis Ad Supported

Facebook, WhatsApp dan Instagram beroperasi secara Ad based atau Ad-supported. Artinya, mereka mendapatkan keuntungan dari setiap iklan, promosi, atau sponsor yang masuk ke perusahaan mereka.

Sumber :

  • BRI API
  • Jurnal Entrepreneur