Dalam mendesain sebuah web dapat dimulai dari sebuah memulai sketch, mencari ide, dan riset.

Awal dari mendesain sebuah website dapat dengan membuat sketch atau gambaran awalnya terlebih dahulu. Menggambar dengan kertas ingin seperti apa tampilan dasar dari website anda. Lalu mengumpulkan ide – ide yang ada di pikiran untuk nantinya dituangkan dalam bentuk gambar dasar. Kumpulkan ide – ide yang ada dari internet untuk dijadikan sebagai inspirasi dalam mendesain sebuah website.

Lakukan riset juga mengenai kompetitor anda, sehingga anda tahu harus mendesain sebuah website seperti apa dan juga apa saja kekurangan dari website kompetitor yang bisa anda tambahkan dalam website anda. Sehingga isi dari website anda dapat diterima oleh konsumen dan semakin diminati karena memiliki fitur yang lengkap.

 

Langkah – langkah dalam membuat desain website

  • Wireframe

Wireframe adalah kerangka dasar halaman website atau aplikasi untuk menunjukkan desain yang ingin diwujudkan.

Isi wireframe ada banner, header, content, footer, link, form, dan lain-lain.

Didalam Wireframe ini anda dapat membuat kerangka dasar dari website yang ingin dibuat. Bisa berisikan tampilan utama, tombol navigasi, informasi tambahan dan juga style desain dan font seperti apa yang ingin digunakan dalam website anda.

 

  • Prototype

Prototype adalah metode pengembangan produk dengan membuat desain, sampel, atau model untuk tujuan menguji website anda.

Dalam prototype ini anda dapat mengimplementasikan style yang ingin digunakan ke dalam tampilan website, tetapi dengan memperhatikan fungsionalitasnya juga.

 

Lalu dilakukan pengetesan, langkah ini digunakan untuk mengetahui apakah website yang sudah dibuat telah sesuai dengan keinginan. Setelah mendapat masukkan – masukkan tampilan atau desain yang kurang sesuai, maka anda dapat membenahi dan membuat desain finalnya.

  • Launch Website

Setelah semua permasalah telah di benahi, maka berlanjut ke tahap final yaitu peluncuran website untuk publik.

 

Sumber :

  • DewaWeb
  • NiagaHoster