Web Sederhana UMKM dengan WorkPress

WordPress adalah software Content Management System yang memungkinkan kamu membuat website dengan mudah dan cepat.

WordPress kini dapat dimanfaatkan untuk membangun berbagai macam website, tidak hanya blog pribadi, namun juga sebagai contoh web sederhana UMKM.

Gambar 1. Ilustrasi Website Store

Alasan – alasan WordPress sesuai untuk membangun website UMKM

  1. Produk Open Source

WordPress merupakan software open source yang artinya kode sumber yang sifatnya terbuka dan siapapun dapat melihat dan memodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

WordPress dapat digunakan siapa saja secara bebas tanpa harus membayar lisensi kepada siapa pun.

  1. Instalasi yang Mudah

Dengan waktu yang cepat, Anda dapat menginstal WordPress dan dapat digunakan oleh siapa saja tanpa harus menguasai teknik pemograman web terlebih dahulu.

Bagi pelaku UMKM yang awam dengan dunia website akan merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini, dan dapat membangun website sendiri tanpa mengalami kendala.

  1. Editor Berbasis Visual

WordPress telah dilengkapi fasilitas editor berbasis visual yang sangat menarik. Editor ini memungkinan anda membuat konten website sendiri dengan mudah.

Anda tidak perlu mempelajari kode – kode HTML. WordPress menyediakan tampilan antarmuka yang sederhana namun lengkap untuk membuat dan mempublikasikan artikel di website.

  1. Search Engine Friendly

Search Engine Optimization (SEO) merupakan cara untuk melakukan optimasi pada website agar lebih mudah ditemukan di search engine.

Anda hanya perlu melakukan sedikit pengaturan setting permalink dan penambahan plugin tertentu, seperti WordPress SEO.

  1. Menyediakan Banyak Pilihan Plugin dan Theme

Sudah banyak pilihan plugin dan theme baik yang gratis maupun berbayar di WordPress.

Anda dapat menggunakannya untuk menambah fitur – fitur tertentu pada website, seperti form kontak, shopping chart, forum diskusi, galeri foto, dan sebagainya.

Pilih juga plugin yang cocok dengan kebutuhan anda sebagai pelaku UMKM. Menampilkan plugin yang memudahkan pengguna.

Elemen Halaman Website Jualan Online

  1. Hubungi Kami

Laman ini berguna bagi pengunjung situs website agar dapat lebih mudah menghubungi bisnis online anda tanpa proses panjang. Dapat di isi dengan alamat email dan nomor telepon.

  1. Laman About Us

Laman ini berfungsi untuk memberikan informasi singkat tentang toko anda. Biasanya berisi latar belakang bisnis beserta visi dan misi dari toko anda, agar membangun kepercayaan konsumen.

  1. Halaman Term of Service

Laman ini memuat informasi penting mengenai layanan yang anda tawarkan kepada calon pelanggan. Sepert siapa saja yang telah menggunakan layanan sampai persyaratan (ketentuan khusus) yang berhubungan dengan bisnis.

  1. Promosi atau Iklan

Untuk mendatangkan trafik penjualan lebih banyak di web jualan online, anda dapat menambahkan halaman promosi atau iklan dalam website toko.

Di halaman ini, kamu juga bisa menambahkan promosi yang sedang berlangsung pada toko online seperti menampilkan banner voucher atau yang lainnya.

  1. Halaman Website Pembelian

Halaman Pembelian adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah website UMKM.

Buatlah laman web khusus pembelian produk/layanan yang menarik sehingga mudah digunakan oleh pengunjung website.

Sumber :

  • Sirclo Store
  • Jubelio