Manajemen keuangan merupakan segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan bagaimana cara agar mendapatkan pendanaan modal dan menggunakan atau mengalokasikan dana tersebut untuk mengelola aset yang telah dimiliki oleh perusahaan untuk mencapai tujuan utama perusahaan. Manajemen keuangan penting bagi setiap bisnis untuk memastikan arus kas yang stabil. Tugas manajer keuangan atay orang yang bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan organisasi yaitu memperkirakan kebutuhan dana, menciptakan peluang investasi, membuat kebijakan terkait keuangan, dan mengambil keputusan finansial.

Tujuan manajemen keuangan adalah untuk mengoptimalkan keuntungan, memastikan kelangsungan hidup bisnis, mempertahankan arus kas yang tepat, meminimalkan biaya modal,  mengoptimalkan pangsa pasar, pemanfaatan keuangan yang tepat, memaksimalkan kekayaan perusahaan, meningkatkan efisiensi departemen perusahaan, dan mengurangi biaya modal untuk merencanakan struktur modal.

Fungsi penting manajemen keuangan untuk perusahaan yaitu planning meliputi perencanaan arus kas serta laba rugi perusahaan, budgeting yaitu penerimaan serta pengalokasian anggaran biaya secara efisien serta upaya untuk memaksimalkan dana yang dimiliki oleh perusahaan, controlling yaitu tahapan mengevaluasi keuangan serta sistem keuangan milik perusahaan, auditing yaitu melakukan audit internal berdasarkan keuangan perusahaan yang ada agar bisa sesuai dengan standar akuntansi, reporting yaitu menyediakan laporan berbagai informasi tentang bagaimana kondisi keuangan milik perusahaan.

Prinsip manajemen keuangan antara lain konsistensi yaitu bersifat dari waktu ke waktu yang berarti sistem keuangan tidak boleh berubah ketika terjadi perubahan pada organisasi, akuntabilitas dianggap sebagai bentuk pertanggungjawaban atau kewajiban yang melekat pada individu, transparansi seperti penyajian laporan keuangan yang akurat, kelangsungan hidup yaitu ukuran tingkat keamanan dan keberlanjutan keuangan organisasi, integritas berarti laporan dan catatan keuangan harus diawasi integritasnya melalui kelengkapan.

Manfaatnya untuk kemudahan dalam pengelolaan keuangan perusahaan dalam rangka menjaga kesehatan keuangan agar konsisten terhadap tujuan dan cita cita perusahaan.