Artikel tentang analisis SWOT

Teknik atau analisis SWOT dapat diterapkan dalam kasus tertentu untuk menentukan tujuan pemasaran yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan, untuk mencapai tujuan tersebut kita bisa menganalisis kelemahan, kekuatan, peluang, dan berbagai macam hambatan yang mungkin saja muncul, SWOT ialah singkatan dari Internal Strength dan weakness serta lingkungan eksternal Opportunities dan Threat yang dapat dihadapi di dunia bisnis

Teori SWOT :

  1. ANALISIS STRENGTH

Setiap perusahaan perlu menganalisis kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan kita baik oleh perusahaan pesaing, penilaian tersebut dapat dinilai berdasarkan sumber daya financial, teknologi, kemampuan manufaktur, kekuatan pemasaran. Strength dalam hal ini dimaksud keunggulan dari produk kita yang bisa menjadi kekuatan untuk menyaingi produk laing

  1. ANALISIS WEAKNESS

Weakness merupakan kelemahan/kekurangan yang belum dimiliki suatu perusahaan untuk bersaing di pasaran, yang dimaksud dari kekurangan ini ialah keterbatasan/kelemahan sumber daya, keterampilan dan kemampuan, tetapi dari weakness kita dapat belajar mengenai perubahaan apa yang bisa kami lakukan agar perusahaan kami tidak terlihat memiliki suatu kelemahan.

  1. ANALISIS OPPORTUNITIES

Opportunities merupakan kondisi peluang berkembang di masa yang akan datang, kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek, atau konsep bisnis tersebut, misalnya competitor, kebijakan pemerintah, kondisi lingkunagn. Peluang ini dianggap sebagai bagian dari lingkunagn eksternal perusahaan yang dapat menjadi potensi kemajuan atau penurunan pendapatan perusahaan.

  1. ANALISIS THREAT

Threat ialah kebalikan dari opportunity, yang merupakan halangan atau hambatan bagi perusahaan dalam memperluas pasar dan mendaatkan kenaikan keuntungan.