Bandung, 12 Mei 2022. Binus. Untuk desain logo yang dimiliki oleh bisnis saya, yaitu Nyasap,  dimana gambar atau maskot utamanya yaitu berupa rice bowl. Hal tersebut dikarenakan menggambarkan produk yang kami tawarkan di pasaran, yaitu produk Food & Beverage berupa nasi dengan topping daging ayam maupun daging sapi yang kemudian kami olah dengan beberapa macam varian rasa bernuansa Asia dan tentunya sangat cocok bagi masyarakat Indonesia terutama target pasar kami, yaitu masyarakat Kota Bandung. Selain itu, kedua huruf kanji yang terdapat pada logo Nyasap juga merupakan huruf yang memiliki makna daging sapi dan daging ayam, yang dimana merupakan jenis topping yang kami gunakan untuk produk kami.

Untuk inovasi ide bisnis yang saya miliki, yaitu brand NYASAP ini bisa melalui beberapa hal. Diantaranya yang saya pikirkan seperti inovasi untuk metode pembayaran, inovasi untuk varian produknya, inovasi untuk alat sajian makanan, dan inovasi dari segi packaging. Inovasi untuk metode pembayaran yang dimaksud adalah dengan menambahkan digital payment atau E-wallet, baik itu seperti OVO dan GoPay, yang dimana sudah banyak dipakai oleh masyarakat perkotaan.

Selain itu, hal tersebut juga dikarenakan metode pembayaran yang digunakan oleh brand NYASAP hingga saat ini hanya melalui M-Banking atau BCA mobile saja sehingga diharapkan dengan kita mengaplikasikan E-wallet tersebut maka membuat para konsumen atau pembeli dapat memilih metode pembayaran yang diinginkannya dan tentunya secara lebih luas. Kemudian untuk inovasi varian produk, dalam hal ini maksudnya adalah untuk kedepannya Nyasap akan terus memperbanyak dan mengeluarkan varian-varian rasa pada produk rice bowl nya.

Sumber : NYASAP (@nyasap.id) • Instagram photos and videos

 

Hal ini juga dikarenakan varian rasa yang dimiliki oleh brand Nyasap hingga saat ini masih dalam 2 jenis varian rasa saja, yaitu beef bulgogi dan ayam mentega sehingga membuat para konsumen tidak memiliki banyak pilihan untuk dibeli ataupun dicoba. Kemudian untuk inovasi alat sajian makanan, maksud dari inovasi tersebut adalah Nyasap ingin mencoba hal yang berbeda dengan para kompetitor serupa di pasaran, dimana pada umumnya alat sajian makanan masih terpisah (garpu dan sendok) sedangkan untuk inovasi yang ingin bisnis Nyasap aplikasikan ini adalah dengan menggabungkan garpu dan sendok tersebut menjadi satu bentuk.

 

Penulis : STEVEN FERREL