Inovasi dari bisnis saya ini terdapat pada logo yang telah di desain ulang. Alasan melakukan inovasi desain logo karena pada logo sebelumnya (tertera pada link Instagram pertama), komposisi warna dan tipografi yang digunakan kurang sesuai sehingga logo bisnis kurang menarik dan tulisan tidak terlalu terlihat. Selain itu, warna yang digunakan kurang merepresentasikan bisnis aksesoris yang identik dengan wanita dan warna-warna terang. Maka dari itu, pada inovasi desain logo, dibuatlah warna-warna yang terang dan menarik, serta tulisan yang lebih terlihat jelas agar mudah dibaca. Selanjutnya, inovasi yang dilakukan adalah inovasi desain kemasan. Sebelumnya, kemasan hanya menggunakan kardus polos biasa yang berwarna cokelat, sehingga kurang menarik bagi para customer. Pada inovasi desain kemasan, tetap menggunakan material kardus karena lebih aman dan kokoh dalam menjaga produk selama proses pengiriman. Namun, kemasan dibuat lebih menarik dengan menggunakan warna, elemen, logo, serta tambahan tulisan. Sedangkan untuk inovasi produk, bisnis dainty craft yang menjual produk casing handphone dan gelang, melakukan inovasi dengan menyediakan produk yang dapat di custom sesuai dengan keinginan para customer. Sehingga, para customer dapat memberikan desain mereka sendiri untuk dicetak dalam casing handphone, ataupun dapat memilih warna dan motif sendiri untuk produk gelang. Namun, kami juga menyediakan design dari kami sendiri apabila customer tidak ingin mengcustom produknya.

Sumber : DAINTY CRAFT (@daintycraft_) • Instagram photos and videos

Hubungan bisnis saya dengan design adalah produk gelang yang berdasarkan pada kreativitas karena dibuat secara handmade dan memerlukan kreativitas dalam membuat model design gelang yang unik dan menarik. Sedangkan, untuk produk case handphone, unsur desain berada pada kreativitas yang digunakan dalam membuat katalog design case handphone. Selain itu, customer juga dapat turut serta berkreativitas karena produk case handphone dapat di custom sesuai dengan keinginan customer, sehingga customer dapat memberikan desain/gambarnya sendiri untuk dicetak pada case handphone.

Sedangkan untuk seni, hubungan dengan bisnis saya dapat terlihat dari keindahan design/gambar produk case handphone, baik design/gambar yang dibuat oleh pihak kami maupun customer. Selain itu, seni dalam produk gelang dapat terlihat dari keindahan motif gelang, serta estetika saat gelang itu dipakai yang dapat menunjang penampilan dan membuat penampilan semakin menarik. Seni yang memberikan keindahan dalam produk bisnis saya ini dapat menjadi daya tarik pembeli dan meningkatkan minat beli.

 

Penulis : Putri Pricilla Setiawan