7 Cara Mendapatkan Uang dari Google. Sambil Internetan Bisa Cuan!

Hampir di semua kebutuhan informasi, bahkan hiburan, Google menjadi salah satu platform yang dituju oleh pengguna internet. Mungkin banyak yang mengira jika Google hanya memberikan informasi apa saja yang kita cari. Namun, ternyata Google juga bisa jadi ladang cuan, lo. Apalagi Google punya banyak fitur atau produk yang bisa kita manfaatkan untuk mendatangkan penghasilan.

1. Cara dapat uang dari Google AdSense buat yang suka main website dan membuat konten

Cara dapat uang dari Google AdSense

Google AdSense | Credit by Petter2121 on Depositphoto

Google AdSense merupakan layanan pemasangan iklan dari Google. Layanan ini akan menggunakan space di website kamu untuk menampilkan iklan. Jangan khawatir, iklan yang tampil akan menyesuaikan audiens dan niche website. Kamu akan dibayar berdasarkan jumlah orang yang melihat iklan di website kamu.

Nah, cara menghasilkan uang dari Google AdSense pun sangat mudah, asalkan kamu sudah punya website lengkap dengan domain dan website hosting. Selain itu harus ada konten-konten yang berkualitas juga, untuk menarik pengunjung ke website.

Cara mendaftar Google AdSense, kamu tinggal mengisi formulir di wesite Google AdSense. Kemudian pihak Google akan me-review website kamu. Jika dinilai layak dan syarat terpenuhi, maka kamu akan dihubungi lagi untuk proses pemasangan iklan.

2. Mendapatkan uang dari Organic Traffic Google lewat optimasi website

cara dapat uang dari trafik organik

Trafik organik | Credit by AllaSerebrina on Depositphoto

Untuk bisa mendapatkan uang dari Organic Traffic Google, kamu harus memiliki keterampilan Search Engine Optimization (SEO). Keterampilan ini memungkinkan sebuah website mendapat trafik organik dan menjadi cara supaya sebuah website bisa duduk di halaman pertama pencarian Google.

Supaya bisa mendapat uang dari Organic Traffic Google, kamu bisa menggunakan dua cara, yakni membuat banyak website dengan berbagai niche. Kemudian gunakan SEO untuk membuat konten-kontennya, lalu menghubungkannya dengan Google AdSense, sehingga kamu bisa dapat uang lebih banyak. Cara kedua, yakni menjual jasa keterampilan SEO kepada pemilik website supaya bisa mendapat trafik organik.

3. Google Ads kasih banyak keuntungan buat pemilik bisnis biar makin cuan

Cara mendapat uang dari Google Ads

Gogle Ads | Credit by PrimaKov on Depositphoto

Layanan ini merupakan penyedia pemasangan iklan yang cocok buat kamu pemilik bisnis. Google Ads akan membantu bisnismu supaya mendapat konsumen yang tepat. Di sini memang nggak memberimu uang secara langsung, melainkan dengan memperbesar peluang untuk kamu meraup keuntungan besar dari bisnis yang diiklankan lewat Google Ads ini.

Untuk bisa mendapat keuntungan dari Google Ads, kamu perlu membuat iklan yang menarik dan membayar sejumlah uang. Namun, jangan khawatir, jumlah pembayarannya hanya disesuaikan dengan jumlah klik iklan yang didapat. Cara mendaftar Google Ads bisa lewat website mereka untuk mengisi fomulir dan kelengkapan data pemasangan iklan.

4. Google Bisnisku untuk mendapat spotlight secara online untuk bisnis

Cara dapat uang dari Google bisnisku

Google Bisnisku| Credit by IbPhoto on Depositphoto

Masih berkaitan dengan bisnis, kamu bisa memanfaatkan Google Bisnisku untuk mendapat keuntungan yang lebih banyak. Kamu memang nggak akan mendapat keuntungan berupa uang secara langsung dari Google, tapi kamu akan mendapatkan manfaat besar untuk bisnismu.

Google Bisnisku memungkinkan kamu mendapat tempat untuk dikenal orang lewat internet. Kamu bisa membuat profil bisnis, mengunggah foto produk atau tempat bisnis, menandai lokasi di Google Maps, dan mendapat review dari pelanggan. Hal ini akan meningkatkan reputasi bisnismu sebagai keuntungan menggunakan Google Bisnisku.

5. Cara mendapatkan uang dari YouTube

Cara dapat uang dari YouTube

YouTube | Credit by FellowNeko on Depositphoto

Mungkin cara ini sudah nggak asing lagi bagi kamu penikmat konten YouTube yang sedang menjadi tren di berbagai kalangan. Untuk bisa mendapat uang dari YouTube, kamu harus bisa membuat konten video yang menarik sehingga diminati oleh audiensi.

Jangan lupa, kamu harus mendaftar YouTube AdSense atau penyedia layanan iklan. Ini hampir mirip dengan Google AdSense, bedanya platform yang digunakan adalah YouTube. Sehingga kamu akan mendapat uang dari pengiklan yang memakai space di kontenmu.

6. Cara mendapat uang dari Google Play Store

Cara dapat uang dari Google Play Store

Google Play Store| Credit by NIKO_chingaryuk on Depositphoto

Tren aplikasi saat ini semakin berkembang. Bahkan hampir semua kebutuhan hiburan, keuangan, kesehatan, komunikasi dan banyak lagi, menggunakan aplikasi. Hal ini membuka peluang untuk kamu mendapatkan uang dari Google Play Store sebagai layanan penyedia aplikasi. Berikut beberapa cara untuk mendapatkan uang dari GooglePlay Store:

1. Menjual aplikasi. Kamu bisa bertindak sebagai development yang membuat aplikasi berbayar. Orang yang akan mengunduh aplikasimu harus membayar dulu.

2. In-app purchases. Skema ini memungkinkan kamu memberikan aplikasi secara gratis. Namun, pengguna harus membayar untuk mendapatkan fitur-fitur tertentu

3. In-app addvertising. Pengguna bebas mengunduh dan menggunakan aplikasi, tapi harus rela untuk menonton iklan atau berbagi layar dengan banner iklan. Nah, kamu akan mendapatkan uang dari pemasangan iklan di aplikasimu.

4. Subcription. Kamu akan mendapatkan uang dari pengguna untuk bisa menikmati aplikasimu dalam kurun waktu tertentu.

7. Cara mendapat uang dari Google Maps, cocok buat yang suka berwisata

Cara dapat uang dari google map

Google Maps | Credit by itchaoz@gmail.com on Depositphoto

Sebenarnya, kamu nggak akan mendapatkan uang secara nyata baik itu yang dibayarkan oleh Google, maupun dalam bentuk keuntungan seperti Google Ads dan Google Bisnisku. Di Google Maps ini memungkinkan kamu mendapatkan insentif poin. Meski bukan uang, tapi ini cukup menguntungkan jika kamu mau menekuninya, lo.

Google Maps membuka kesempatan bagi pengguna Google untuk berkontribusi mengembangkan platform geo-location. Kontribusi ini memungkinkan siapa saja untuk mengisi konten mulai dari review lokasi, menilai lokasi, menembahkan foto lokasi, menjawab pertanyaan di suatu lokasi dan mengubah informasi yang salah. Lokasi yang dimaksud bisa berupa tempat makan, tempat wisata, atau tempat umum lainnya.

Kamu akan mendapat insentif berupa poin dari setiap kontribusi di atas. Insentif yang biasa diberikan berupa kupon hotel, diskon tiket, bonus kapasitas Google Drive, dan kesempatan menggunakan fitur baru Google.

Nah, itulah beberapa cara mendapatkan berbagai keuntungan dari Google, khususnya uang. Buat kamu yang senang berkreasi, dan jeli melihat peluang cuan, cara mendapatkan uang dari Google ini bisa kamu coba. Siapa yang nggak mau sih, main internetan sambil Google-an tapi dapat cuan?