1. Kinerja

Memiliki kecerdasan emosional yang baik adalah karakteristik yang diinginkan untuk setiap pekerjaan. Ini akan membantu Anda memecahkan masalah sehari-hari di tempat kerja dan memotivasi orang lain. Sebagian besar pekerjaan kritis sudah mulai menganalisis kecerdasan emosional kandidat yang mereka pekerjakan.

Banyak pekerjaan menilai kecerdasan emosional sama pentingnya dengan keterampilan teknis. Tes kecerdasan emosional telah menjadi bagian dari tes pra-wawancara, yang secara rutin dilakukan oleh organisasi-organisasi penting.

  1. Kesehatan fisik

Ketidakmampuan Anda untuk mengelola stres akan selalu membuat Anda berada dalam masalah kesehatan fisik Anda. Stres tidak bermanfaat bagi kesehatan fisik dan emosional Anda. Jika Anda tidak mampu mengelola stres Anda, maka akan mengakibatkan ketidakseimbangan emosional yang akan mengganggu keseimbangan kehidupan kerja Anda.

Stres yang tidak terkontrol akan memicu terjadinya hipertensi. Stres adalah alasan utama yang pada akhirnya mengarah pada tingkat kematian yang lebih tinggi. Stres tidak hanya meningkatkan hipertensi tetapi juga proses penuaan.

Terlihat bahwa banyak orang akan mempromosikan bahwa stres adalah bagian dari kehidupan. Tapi ini tidak terjadi sepanjang waktu. Oleh karena itu mengakui bahwa Anda telah stres adalah bagian pertama dari menyembuhkannya.

  1. Kesehatan mental

Stres, bersama dengan emosi yang tidak terkendali, dapat memengaruhi kesehatan mental Anda. Hal ini akan membuat Anda rentan terhadap depresi, sekaligus kecemasan. Jika Anda tidak dapat memahami atau merasa nyaman dengan emosi Anda, maka Anda akan berjuang untuk membentuk hubungan jangka panjang – baik itu pribadi atau bisnis.

Anda juga tidak akan bisa mengatur hubungan Anda karena emosi akan tidak terkendali. Ini akan, pada gilirannya, membuat Anda merasa terisolasi dan kesepian dan semakin meningkatkan masalah kesehatan mental Anda.

  1. Hubungan

Setelah Anda memahami emosi Anda dan belajar mengendalikannya, Anda akan berada pada posisi yang lebih baik untuk mengungkapkan perasaan Anda. Selain itu, Anda akan berada pada posisi yang lebih baik untuk memahami bagaimana perasaan orang lain dan berempati dengan mereka.

Ini akan memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan jangka panjang serta lebih kuat dengan orang lain. Komunikasi yang efektif adalah blok bangunan dari hubungan yang kuat. Ini berlaku baik dalam kehidupan pribadi Anda maupun di tempat kerja Anda.

  1. Kecerdasan sosial

Sangat penting untuk selaras dengan emosi Anda. Mereka sangat penting dalam menghubungkan Anda dengan orang lain dan dunia yang berinteraksi dengan Anda setiap hari. Kecerdasan sosial membantu Anda membedakan antara teman dan orang asing.

Ini akan membantu Anda mengukur minat orang lain pada Anda, menyeimbangkan sistem saraf Anda dengan bantuan komunikasi sosial, mengurangi stres ke tingkat yang dapat dikelola, dan membantu Anda merasa dicintai dan bahagia.