Seorang ahli fungsional didefinisikan sebagai seorang spesialis yang ahli dalam domain tertentu. Seorang ahli fungsional adalah pembeda penting dalam sebuah perusahaan. Dia adalah orang yang ahli dalam satu topik dan tahu segalanya tentang topik itu. Dia dapat dianggap sebagai penyelamat dalam setiap situasi di mana pengetahuannya dapat digunakan.

 

Seorang ahli fungsional adalah orang penting dalam setiap organisasi. Seorang ahli fungsional sangat penting dalam menangani kesulitan teknis yang dihadapi oleh pelanggan mengenai suatu produk. Namun, seorang ahli juga bisa menjadi ahli dalam berbagai topik seperti pengembangan karir, perolehan bakat, manajemen penghargaan, dll.

 

Berikut ini adalah beberapa kualitas penting yang sangat penting bagi seorang ahli fungsional. Mereka adalah sebagai berikut:

 

1. Pengetahuan tentang domain

Seorang ahli fungsional diharapkan memiliki pengetahuan yang lengkap dan mendalam tentang domainnya. Setiap kali ada orang dalam organisasi yang memiliki keraguan mengenai domain tertentu, ahli fungsional masing-masing harus menjadi orang yang harus mereka hubungi tanpa ragu-ragu.

 

2. Pengalaman di bidang yang relevan

Pakar harus memiliki pengalaman yang cukup di bidang yang relevan. Tidak masalah pengalaman yang akan dia miliki di bidang yang berbeda, tetapi sangat penting untuk memiliki pengetahuan praktis dalam materi pelajaran keahlian.

 

3. Pelatihan dan pengembangan keterampilan

Ahli fungsional akan terus diminta untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh karyawan di seluruh organisasi. Situasi yang menantang sering terjadi, dan dalam kasus seperti itu, ahli fungsional harus memiliki kapasitas dan keterampilan yang diperlukan untuk melatih dan mengembangkan karyawan atau kolega.

 

4. Komunikasi

Berinteraksi dengan semua orang untuk memberikan pengetahuan teknis, ia harus memiliki komunikasi yang sempurna. Ia harus mampu menyampaikan pikirannya dengan penggunaan kata-kata yang tepat dan menyampaikan pesan. Komunikasi memainkan peran penting dalam profil pekerjaan ahli fungsional.

 

Pakar fungsional adalah ahli dalam bidang mereka dan akan datang untuk menyelamatkan kapan pun dibutuhkan. Dalam organisasi modern, departemen SDM telah menjadi salah satu departemen penting perusahaan. Banyak keputusan penting tentang keterlibatan karyawan, motivasi, kesejahteraan karyawan, administrasi penggajian, dll. diputuskan di departemen SDM. Sebuah organisasi menghadapi banyak risiko, internal dan eksternal, dan untuk mengatasi ketidakpastian tersebut; sangat penting untuk memiliki ahli fungsional.

 

Ada beberapa ahli fungsional dalam sebuah organisasi yang dapat mengambil pekerjaan terpisah, atau dalam kasus startup, satu ahli dapat mengambil peran dari beberapa domain. Tujuan penting di sini adalah memberikan solusi dan membantu organisasi kapan pun mereka menghadapi tantangan apa pun. Mereka juga harus bertindak sebagai kolaborator dan integrator dalam manajemen tim karena perusahaan membutuhkan keduanya.